Kritik Amerika, Mahathir: Proposal ‘Kesepakatan Abad Ini’ Kekalkan Penjajahan terhadap Palestina - Konten Islam -->

Kritik Amerika, Mahathir: Proposal ‘Kesepakatan Abad Ini’ Kekalkan Penjajahan terhadap Palestina

Kritik Amerika, Mahathir: Proposal ‘Kesepakatan Abad Ini’ Kekalkan Penjajahan terhadap Palestina

KONTENISLAM.COM - PM Malaysia Dr Mahathir Mohamad melakukan kritik pedas terhadap ‘Kesepakatan Abad Ini’, proposal ‘perdamaian buatan AS dan Israel. Menurutnya, gagasan itu hanya akan terus melanjututkan kebijakan apartheid dan pejajahan terhadap Palestina.

“Malaysia menemukan proposal itu tidak dapat diterima dan sangat tidak adil,” kata Mahathir dalam sebuah pernyataan, sambil menambahkan rencana ‘perdamaian’ itu tidak mendekatkan usaha untuk menghasilkan Palestina sebagai sebuah negara yang berdaulat.

Untuk memperburuk keadaan, katanya, dia akan dengan mudah menyerahkan kota suci Yerusalem (Baitul Maqdis) ke Israel, terlepas dari perasaan jutaan Muslim dan Kristen di seluruh dunia.

“Ini hanya akan membawa lebih banyak konflik ke kawasan itu, dan kemarahan kepada miliaran orang di seluruh dunia,” katanya pada pembukaan Konferensi Liga Parlemen Al-Quds Ketiga, Sabtu (8/2).

Di depan ratusan anggota Liga Parlemen Dunia itu,  Mahathir mengatakan kesepakatan yang digagas sepihak antara AS dan Israel tanpa berkonsultasi dengan Palestina dan menolak upaya untuk membawa perdamaian ke Palestina.

“Rencana perdamaian ini mengakui kekuatan pendudukan yang besar dan pada saat yang sama melepaskan hak-hak kaum tertindas,” kata PM Mahathir.

Menurutnya adalah hal yang sangat mengecewakan setelah tujuh dekade hanya satu sisi dari ‘Solusi Dua Negara’ yang terbentuk – Israel – sementara Palestina masih terus berjuang untuk menuntut keadilan, perdamaian dan negara berdaulat.

“Dengan menganggap masalah ini sebagai tanggung jawab kita ke seluruh dunia dengan memastikan bahwa masalah itu tidak diremehkan, dibatalkan atau disembunyikan di bawah permadani,” katanya dikutip Kantor Berita Malaysia, Bernama.

Mengacu pada sejumlah resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang disahkan untuk kepentingan Palestina,  Mahathir mengatakan: “Apa gunanya jika satu resolusi diadopsi tetapi mereka dapat diabaikan secara bebas tanpa sanksi. Lebih buruk lagi, ketika sesuatu di luar resolusi itu diimplementasikan. ”

Dia mengatakan kepada anggota parlemen dunia bahwa semua platform harus digunakan oleh mereka yang berbagi pemikiran, untuk terus menyuarakan keprihatinan mereka dan mengekspresikan kemarahan mereka atas tindakan tidak manusiawi dan kejam rezim Tel Aviv terhadap Palestina.

“Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk menjadi lebih kuat ketika negara-negara besar yang menyatakan diri mereka sebagai pembela keadilan dan kebebasan memilih untuk tetap diam saat kekejaman terjadi.

“Dengan kata lain, jika kita memilih untuk tetap diam, pembunuhan Israel ada di tangan kita,” kata pemimpin Malaysia itu.

Mahathir mengatakan negaranya akan selalu mendukung Palestina dan kebijakan luar negeri terhadap negara itu, tidak berubah sejak kemerdekaan Malaysia.

“Sementara Malaysia ingin bersahabat dengan semua negara dan menghormati kedaulatan mereka terlepas dari kepercayaan ideologis, kita harus terus menyuarakan dan memerangi ketidakadilan dan membela hak-hak kaum tertindas,” katanya. (indonesiainside)


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close