Kepala BNPB: Tenaga Medis di Garda Terdepan Hadapi Corona, Mereka Pahlawan

Kepala BNPB: Tenaga Medis di Garda Terdepan Hadapi Corona, Mereka Pahlawan

KONTENISLAM.COM - Indonesia masih menangani wabah virus Corona (COVID-19). Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo menyebut tenaga medis adalah garda terdepan dalam menangani pandemi Corona.

Dia menjelaskan pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam menangani wabah COVID-19 ini. Peran serta masyarakat dan relawan dibutuhkan ketika menghadapi virus ini.

Doni mengungkapkan tenaga medis, seperti dokter, perawat, hingga sopir ambulans, adalah pahlawan. Dia pun ingin agar orang-orang dengan profesi tersebut diprioritaskan dalam anggaran untuk penyelenggaraan upaya pencegahan.

Mereka ini adalah garda terdepan kita hari ini, sebagai prajurit yang menghadapi virus. Mereka adalah orang terdepan, merekalah pahlawan-pahlawan kemanusiaan yang harus kita dukung, yang harus kita bantu setiap hari, setiap saat. Agar mereka, termasuk juga keluarganya, mendapatkan dukungan moril dari kita semua," kata Doni dalam keterangannya, Rabu (25/3/2020).

Doni ingin tenaga medis tidak bekerja sendiri dalam menangani virus Corona ini. Dia berharap para akademisi, lembaga usaha, TNI, Polri, masyarakat, dan media massa juga bekerja sama dengan pemerintah dalam menangani pandemi Corona ini.

Demikian juga komunitas, terutama dari kalangan relawan sendiri. Termasuk tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, budayawan," lanjut Doni.

Koordinator Relawan Gugus Tugas Andre Rahardian menyampaikan program dukungan terhadap tenaga medis. Dia menjelaskan gugus tugas telah memanggil banyak relawan untuk membantu tenaga medis yang sedang bekerja dalam menangani COVID-19.

"Jadi kita sudah mendengar, banyak pada saat ini relawan medis yang dibutuhkan karena tenaga medis yang ada di rumah sakit sudah harus masuk isolasi," ujar Andre.

Dia pun berharap agar pengusaha atau pelaku usaha memberikan dukungan kepada petugas medis yang ada. Dukungan, kata Andre, bisa berupa makanan agar tenaga medis bisa tetap fit.

Makanan yang bergizi tinggi agar tenaga kesehatan ini juga dalam memerangi pandemi ini bisa tetap kuat. Kita support begitu juga dengan vitamin dan suplemen-suplemen lain. Hal ini juga akan mencakup relawan-relawan yang didistribusikan," pungkas dia.(detik)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close