Pria di AS Meregang Nyawa Usai Minum Klorokuin yang Dipercaya Atasi Corona - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Pria di AS Meregang Nyawa Usai Minum Klorokuin yang Dipercaya Atasi Corona

Pria di AS Meregang Nyawa Usai Minum Klorokuin yang Dipercaya Atasi Corona

KONTENISLAM.COM - Seorang pria di Arizona AS meregang nyawa dan istrinya dalam kondisi kritis setelah mereka menelan klorokuin fosfat yang telah disebut oleh Presiden AS Trump sebagai perawatan potensial untuk infeksi virus coronavirus.

Pasangan itu, yang berusia 60-an, mengalami kesulitan langsung setelah menelan obat yang mengandung zat tambahan yang digunakan di akuarium untuk membersihkan tangki ikan, demikian menurut Rumah Sakit Kesehatan Banner di Phoenix.

Klorokuin fosfat mengandung bahan aktif yang sama dengan obat malaria yang oleh Presiden Trump disebut-sebut mungkin efektif melawan Covid-19, penyakit yang berpotensi mengancam jiwa yang disebabkan oleh coronavirus .

Pada hari Sabtu (21 Maret), Trump men-tweet tentang kombinasi hydroxychloroquine dan azithromycin, dengan mengatakan itu "peluang nyata untuk menjadi salah satu pengubah permainan terbesar dalam sejarah kedokteran ."

Ahli penyakit menular top negara itu, Dr Anthony Fauci, mengecilkan klaim itu. Ia mengatakan obat itu harus diuji untuk memastikan keamanan dan kemanjurannya.

"Chloroquine, obat malaria, tidak boleh dicerna untuk mengobati atau mencegah virus ini," kata Banner Health dikutip gelora.co dari Straitstimes.

Coronavirus baru, yang menyebabkan penyakit pernafasan Covid-19 yang sangat menular, muncul pada bulan Desember di Wuhan, Cina dan telah menyebar ke seluruh dunia.

Saat ini tidak ada vaksin atau perawatan yang disetujui untuk penyakit ini, tetapi para peneliti sedang mempelajari perawatan yang ada dan bekerja pada yang eksperimental. Saat ini, sebagian besar pasien hanya dapat menerima perawatan suportif.

"Mengingat ketidakpastian di sekitar Covid-19, kami memahami bahwa orang-orang berusaha mencari cara baru untuk mencegah atau mengobati virus ini, tetapi mengobati sendiri bukanlah cara untuk melakukannya," kata Dr Daniel Brooks, direktur Pusat Informasi Obat dan Racun.

Dr Brooks mendesak komunitas medis untuk tidak meresepkan obat klorokuin pada pasien yang tidak dirawat di rumah sakit.

"Hal terakhir yang kami inginkan saat ini adalah membanjiri departemen gawat darurat kami dengan pasien yang percaya mereka menemukan solusi yang kabur dan berisiko yang berpotensi membahayakan kesehatan mereka."(harian aceh)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close