Wali Kota Solo Gunduli Rambut Tolak Bala Usir Corona

Wali Kota Solo Gunduli Rambut Tolak Bala Usir Corona

KONTENISLAM.COM - Berbagai cara dilakukan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Solo. Selain melakukan pencegahan dengan tindakan dan perbuatan, wali kota pun menggelar tolak bala dengan cukur gundul yang diikuti para kepala dinas.

Ritual tolak bala cukur gundul itu dilakukan seusai menggelar rapat persiapan RSUD Bung Karno, Semanggi untuk menjadi rumah sakit penanganan pasien corona di Solo. Lantas wali kota yang akrab disapa Rudy itu pun langsung menghubungi para kepala dinas untuk hadir di Loji Gandrung.

Rudy pun mengawali sebagai orang pertama yang dicukur gundul. Setelah itu, satu per satu para kepala dinas, wakil wali kota hingga anggota dewan ikut dicukur gundul. Ada dua tukang potong rambut yang dipasrahi untuk mencukur gundul para pejabat tersebut.

Rudy mengatakan untuk mengusir virus corona tidak hanya dengan perbuatan tapi juga dengan ikhtiar dan doa. Salah satunya yang dilakukanya dengan menggelar tolak bala melalui cukur gundul. Sedangkan tindakan dan perbuatan yang dilakukanya meliputi mengawa penyemprotan disinfektan hingga pembagian vitamin C.

"Tujuan utama semua perbuatan itu adalah bagaimana mewujudkan masyarakat Solo ini terbebas dari virus corona dan masyarakat Solo sehat semua," kata dia kepada wartawan di Loji Gandrung, Solo, Rabu, 25 Maret 2020.

Menurut Rudy, ritual cukur gundul ini memang mendadak dan spontan. Lantas, dirinya pun langsung menghubungi wali kota dan para kepala dinas untuk ikut cukur gundul bersama di Loji Gandrung.

"Ini ada kepala dinas, kepala bagian, kepala badan dan camat tapi kecuali ibu-ibu lho yang ikut cukur gundul," ujarnya.

Ritual cukur gundul dipilih lantaran menurut Rudy memiliki simbol untuk membersihkan segala sesuatu, karena rambut itu penuh dengan kotoran. "Kalau digundul kan dibersihkanya lebih mudah dan lain sebagainya," ujarnya.(vivanews)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close