Gerhana Matahari Cincin 21 Juni: Indonesia Dimulai dari Jam 1 Siang

Gerhana Matahari Cincin 21 Juni: Indonesia Dimulai dari Jam 1 Siang

Gerhana matahari cincin 21 Juni (GMC) besok di Indonesia akan dimulai pada jam 1 siang atau sekitar pukul 13.16 WIB di Sabang, Aceh, demikian dibeberkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Penting dicatat bahwa gerhana matahari cincin 21 Juni besok, seperti ditekankan oleh BMKG, tak bisa dinikmati di Indonesia dengan sempurna. Tetapi mayoritas wilayah Nusantara bisa menikmati gerhana matahari sebagian.

"Di Indonesia, waktu mulai gerhananya paling awal adalah di Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 13.16.00,5 WIB. Adapun kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Kepanjen, Jawa Timur, yaitu pukul 15.19.49,3 WIB," terang BMKG, Jumat (19/6/2020).

Waktu puncak gerhana matahari juga akan berbeda-beda di setiap daerah. Waktu puncak gerhana paling awal adalah Sabang, pada pukul 14.34.52,4 WIB. Kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir adalah Agats, Papua, yaitu pukul 17.37.26,3 WIT.

Waktu kontak akhir paling awal gerhana matahari akan terjadi di Tais, Bengkulu yang terjadi pada pukul 15.06.39,8 WIB dan waktu kontak akhir paling akhir akan terjadi di Melonguane, Sulawesi Utara, pada pukul 17.31.44,9 WITA.

Sementara durasi gerhana matahari paling sebentar akan terjadi di Kepanjen, Jawa Timur, yaitu hanya selama 3 menit 17,1 detik. Sementara durasi gerhana paling lama akan terjadi di Sabang, Aceh, yaitu selama 2 jam 27 menit 11,1 detik.

Gerhana matahari sebagian, sebagai bagian dari GMC besok, akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi di Indonesia. Tetapi ada juga 83 pusat kota dari Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur yang tidak akan bisa menikmati gerhana matahari tersebut.

Sebagian besar wilayah yang tak bisa menikmati gerhana matahari sebagian ini berlokasi di Jawa serta sebagian di selatan Sumatera, demikian menurut BMKG.

Gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 akan bisa dinikmati sempurna di Afrika bagian tengah hingga ke utara, Timur Tengah, Pakistan, India, Nepal, China, dan sebagian kawasan Pasifik [suara]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close