Jokowi Sampai Marah, Sekjen MUI Singgung Menteri Perburuk Citra Pemerintah

Jokowi Sampai Marah, Sekjen MUI Singgung Menteri Perburuk Citra Pemerintah

Sekjen MUI Anwar Abbas menilai wajar jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah terhadap para menterinya terkait pengambilan kebijakan di tengah pandemi COVID-19. Anwar Abbas menilai beberapa pembantu Jokowi tersebut malah memperburuk citra pemerintah.

"Pidato singkat Presiden Jokowi seperti yang tersebar di YouTube benar-benar menunjukkan kekecewaannya terhadap kinerja para pembantunya yang terlihat seperti tidak punya sense of crisis sehingga tidak banyak dari yang dilakukan oleh para menteri tersebut yang benar-benar berdampak baik dan besar terhadap rakyat dan masyarakat luas," kata Anwar Abbas dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (29/6/2020).

"Hal ini tentu saja sangat-sangat beliau sesalkan karena semestinya para pembantu beliau tersebut sudah tahu apa yang akan dilakukan tetapi ternyata tidak demikian. Dan hal ini tentu saja telah membuat sang presiden benar-benar menjadi jengkel," imbuh Anwar.

Anwar Abbas menyoroti serapan anggaran kementerian yang rendah, seperti yang disoroti Jokowi juga. Serapan anggaran rendah ini menurutnya turut memberi dampak negatif terhadap ekonomi rakyat.

"Coba saja bayangkan dana yang sudah disediakan cukup besar baru terserap sedikit sehingga jumlah uang yang beredar di tengah-tengah masyarakat tentu masih sangat-sangat kecil sehingga daya beli masyarakat tidak dan belum bisa terdongkrak sehingga ekonomi masyarakat tidak dan belum bisa menggeliat," kata Anwar.

Bagi Anwar Abbas, kebijakan atau kinerja seperti ini justru memperburuk citra pemerintah. Jokowi pun, katanya, jadi ikut terdampak.

"Hal ini tentu saja sangat kita sesalkan karena akibat dari tindakan tersebut telah memperburuk citra dari pemerintah terutama dalam hal ini adalah Presiden karena dampak dari tindakan mereka tersebut telah memperburuk keadaan ekonomi rakyat. Karena bagaimana mungkin kita akan mendorong ekonomi mereka kalau mereka tidak punya daya beli karena tanpa adanya peningkatan daya beli mereka maka tentu produktivitas masyarakat tidak akan bisa dipacu," sebut Anwar Abbas.

Anwar Abbas ingin para menteri Jokowi melek setelah dimarahi sedemikian rupa oleh sang Presiden. Anwar Abbas pun menyarankan sejumlah hal untuk diterapkan para menteri.

"Untuk itu agar tujuan tersebut bisa cepat terwujud maka kita harapkan agar bantuan-bantuan dari pemerintah terhadap rakyat miskin tidak diberikan berupa barang tapi berupa uang karena dengan itu mereka bisa berbelanja ke warung-warung kecil di samping dan di sekitar rumahnya sehingga kehidupan ekonomi dari rakyat kecil benar tertolong dan itulah yang kita harapkan," sebut Anwar Abbas.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi memerintahkan jajaran kabinet untuk melakukan kerja luar biasa dalam menangani pandemi virus Corona. Tak tanggung-tanggung, Jokowi juga akan melakukan perombakan kabinet jika diperlukan, demi rakyat.

"Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle. Udah kepikiran ke mana-mana saya. Entah buat perppu yang lebih penting lagi. Kalau memang diperlukan. Karena memang suasana ini harus ada, suasana ini tidak, bapak-ibu tidak merasakan itu sudah," imbuhnya. [detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close