Pria Misterius di Tengah Soekarno dan Panglima Soedirman, Ternyata Adalah... - Konten Islam -->

Pria Misterius di Tengah Soekarno dan Panglima Soedirman, Ternyata Adalah...


 Beredar foto hitam putih yang memperlihatkan Presiden Soekarno sedang berdiri dengan Panglima Besar Jenderal Soedirman di pinggir jalan. Di antara mereka ada seorang pria berbaju putih dan Nampak beretnis Asia Selatan. Dalam berbagai keterangan disebutkan pria tersebut adalah AR Basweda, kakek dari Anies Baswedan, Gubernur Jakarta saat ini. Setelah dicek ternyata dia bukanlah AR Baswedan.

Pria tersebut adalah Mohammad Yunus Khan / Moh. Junus (26 June 1916 – 17 June 2001), seorang diplomat dari konsul India. Dia datang ke Indonesia untuk membantu perjuangan Indonesia. Adapun penjelasan untuk beberapa foto di bawah adalah sebagai berikut:

1. Foto Soekarno, Soedirman, dan Moh. Junus di Plengkung, Magelang pada bulan Agustus - 1948 sebelum terjadinya Agresi Belanda II. Moh Junus menggunakan baju gamis Pakistan dengan hidung dan kumis khas juga dahi yang tertutup rambut. (Sumber: Janisary Library)

2. Foto Moh Junus sedang memberi pidato kepada sukarelawan India yang bergabung dalam International Brigade yang membela Indonesia dalam perang melawan Belanda. Internasional Brigade ini didirikan di Yogyakarta. Nampak Moh Junus dari samping belakng dengan hidung dan kumis khas juga dahi yang tertutup rambut.  (sumber: "Lukisan Revolusi 1949")

3. Foto Moh Junus Bersama Mr. Alagaphan (Consul India) mengunjungi Mr. Soekiman tahun 1948. Nampak Moh Junus duduk di sebelah kanan dengan hidung dan kumis khas juga dahi yang tertutup rambut.  (sumber: Ipphos, Perpustakaan Nasional)

4. Foto Moh. Yunus Wakil Konsul Jenderal India untuk Indonesia, berkunjung ke Jombang, Jawa Timur tahun 1947. Nampak Moh Junus melambaikan tangan dengan hidung dan kumis khas juga dahi yang tertutup rambut.  (sumber: Ipphos, Perpustakaan Nasional)

5. Foto AR Baswedan yang berdahi lebar dari samping yang tidak pernah lepas dari kacamata. (Sumber; Cover buku AR Baswedan, Mizan)

6. Foto Agus Salim, AR Baswedan, HM Rasyidi di Mesir pada tahun 1947 Trio diplomat RI pertama saat berbincang kala melobi pemerintah Mesir ketika hendak mengakui sebagai negata pertama di dunia yang akui kedaultanan Indonesia. AR Baswedan nampak sebelah kanaa dengan setelan jas dan kacamata yang tidak pernah lepas (Sumber: 50 Tahun Indonesia Merdeka)

7. Foto Mohammad Yunus Khan di wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Mohammad_Yunus_(diplomat)
[fb]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close