Andi Yusran: Pejabat Indonesia Harus Tiru Thailand, Mundur Saat Gagal

Andi Yusran: Pejabat Indonesia Harus Tiru Thailand, Mundur Saat Gagal

Pejabat publik Indonesia dinilai perlu mengikuti budaya politik di negara tetangga Thailand. Memilih mundur saat gagal menjalankan tugas negara.

Pengamat Politik Universitas Nasional, Andi Yusran mengatakan, mundur dari jabatan saat gagal mengemban amanah adalah bentuk pertanggungjawaban pada publik.

"Ketika mereka merasa gagal, mereka undur diri dari jabatannya sebagai bentuk akuntabilitas publik, budaya yang sama juga kukuh dianut oleh orang Jepang yang dalsm ksmus mereka tidak kata ‘gagal’," demikian kata Andi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (17/7).

Ia melihat di Indonesia yang terjadi justru sebaliknya, pejabat merasa biasa saja saat gagal mengemban amanah.

"Yang terjadi  justru sebaliknya, kegagalan adalah hal biasa, tidak ada perilaku akuntabilitas kepada publik, yang dominan terjadi adalah  akuntabilitas vertikal semata," demikian kata Doktor Politik Universitas Padjajaran ini.

Diketahui, Tim ekonomi pemerintah Thailand kompak mundur di tengah krisis virus corona baru (Covid-19. Alasannya, kontraksi ekonomi Thailand mengalami kontraksi paling cepat akan masuk pada jurang resesi. (Rmol)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close