Sosiolog: Kesuksesan Tidak Ditentukan Di Sekolah Negeri


Polemik Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 di DKI Jakarta, menyisakan kisah pilu untuk Aristawidya Maheswari (15).

Bagaimana tidak, Arista, begitu ia disapa, merupakan siswi berprestasi yang telah meraih 700 penghargaan tingkat daerah maupun nasional. Tetapi alumnus SMPN 92 Jakarta ini tidak dapat diterima di sekolah SMA Negeri meskipun telah menempuh semua jalur PPDB.

Sosiolog senior, Musni Umar, melalui akun Twitter pribadinya mengungkapkan keprihatinannya atas apa yang dialami Arista.

"Apes! sistem pendidikan kita dibuat rumit. Peraih 700 piala tak diterima di mana-mana," ucapnya, Jumat (10/7).

Rekor Universitas Ibnu Chaldun itu mengungkapkan, education for all sulit terwujud jika sistem pendidikan tidak fleksibel.

Musni pun memberikan semangat untuk Arista dan menyarankan agar dirinya tetap melanjutkan pendidikannya meskipun masuk sekolah swasta.

"Saya sarankan masuk ke swasta saja. Kesuksesan tidak ditentukan belajar di sekolah negeri. Tetap bersemangat," tandasnya.

Polemik PPDB bermula karena Dinas Pendidikan DKI Jakarta dinilai diskriminatif, lantaran penerimaan calon siswa lebih mengutamakan usia dibandingkan zonasi dan prestasi. (Rmol)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close