Faisal Basri: KAMI Hadir Karena Parpol Gagal Dan Punya Dunianya Sendiri

Faisal Basri: KAMI Hadir Karena Parpol Gagal Dan Punya Dunianya Sendiri

Kegagalan partai politik di parlemen menjadi salah satu jawaban mutlak dari menguatnya gerakan masyarakat sipil di tanah air.

Terutama yang belakangan santer adalah Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang baru-baru ini deklarasi di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (18/8) kemarin.

Begitu kata ekonom senior Indef, Faisal Basri saat mengisi diskusi yang digelar LP3ES bertajuk 'Pemilu dan Pilkada: Elit Recruitment dan Rasionalisasi Kepemimpinan Profesional di Daerah' Rabu (19/8).

"Parpol gagal menadi wadah penyerapan aspirasi masyarakat. Sehingga memunculkan kelompok-kelompok politik diluar partai karena aspirasinya tidak tertampung di partai yang ada. Makanya kemaren deklarasi KAMI itu," ujar Faisal Basri.

Menurut dia, tidak heran apabila gerakan masyarakat sipil dan juga gelombang demonstrasi buruh hingga mahasiswa beberapa waktu terakhir terus mengalami eskalasi. Ini lantaran tidak diakomodirnya aspirasi rakyat oleh partai politik di parlemen.

Karena masyarakat tidak terakomodasi oleh partai-partai itu," kata dia.

"Partai punya dunianya sendiri. Partai mengatakan, kan waktu Pemilu, Pilkada Pilpres kan sudah saya bayar kalian, kalian diam, dia bilang ke pemilihannya begitu. Transaksional, sekarang giliran saya bayar utang karena dulu waktu Pilkada atau Pemilu saya berhutang kepada bandar-bandar.(rmol)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close