Kala Partai Banteng Singgung Imajinasi Amien

Kala Partai Banteng Singgung Imajinasi Amien

Politikus senior Amien Rais ternyata hadir dalam deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang digelar di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, beberapa hari lalu. Kehadiran Amien, dinilai dapat menimbulkan imajinasi bahwasanya KAMI merupakan embrio dari partai baru yang direncanakan Amien Rais.

Adalah politikus PDIP Hendrawan Supratikno yang menilai demikian. Politisi dari partai berlambang banteng moncong putih itu menyebut bisa saja publik menilai KAMI merupakan cikal bakal partai baru yang akan didirikan Amien Rais.

"Mungkin teman-teman yang iseng bisa berimajinasi, jangan-jangan ini sejalan dengan rencana Pak MAR (Muhammad Amien Rais) mendirikan partai baru yang santer diberitakan," kata Hendrawan kepada wartawan, Kamis (20/8/2020).

wakil ketua F-PDIP Hendrawan Supratikno
Hendrawan Supratikno (Foto: Istimewa)
Selain itu, Hendrawan juga menyinggung soal Majelis Amanat Rakyat (MAR), yang merupakan benih dari Partai Amanat Nasional (PAN). Menurut anggota DPR RI itu, bisa saja KAMI juga menjadi asal mula partai lainnya.

"Bila imajinasi tersebut betul, berarti KAMI mirip dengan Majelis Amanat Rakyat yang dulu muncul pada awal era Reformasi, dan menjadi cikal bakal PAN yang ada saat ini," sebut Hendrawan.

"Rute umumnya biasanya dari embrio Gerakan Moral, terus menjadi ormas, dan terus parpol," imbuhnya.

Namun demikian, Hendrawan tidak mempersoalkan bergabungnya Amien Rais ke KAMI. "Tak ada masalah. Orang-orang dengan pandangan yang sama cenderung berkumpul dalam komunitas dengan aspirasi yang sejalan," ucapnya.

Amien tidak sendiri saat menghadiri deklarasi KAMI. Pendiri PAN itu didampingi putranya Hanafi Rais.

Amien Rais tentu mendukung gerakan KAMI. Dia disebut siap merangkul koalisi besutan Din Syamsuddin tersebut.

"(Amien Rais) memberikan dukungan atas inisiatif KAMI yang membawa tema menyelamatkan Indonesia," ujar loyalis Amien Rais, Agung Mozin kepada detikcom terpisah, Kamis (20/8).

Menurut Agung Mozin, kubu Amien Rais bisa saja akhirnya berjalan bersamaan dengan KAMI. Amien Rais siap merangkul tokoh-tokoh yang tergabung dalam KAMI, seperti Gatot Nurmantyo, Rocky Gerung, Ahmad Yani, Titiek Soerharto dan sebagainya.

"Saling dukung dan bahu membahu. Mungkin pada satu titik akan bergabung karena punya ide yang sama. Agenda KAMI sudah sesuai dengan risalah Politik Pak Amien," sebut Agung Mozin.(detik)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close