Punya Riwayat Kolesterol Tinggi, Amankah Makan Torpedo Kambing?

Umat Muslim melakukan pemotongan hewan kurban di Perumahan Bintara Jaya Village 2, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (31/7/2020). Hari ini umat muslim merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H dengan melakukan ibadah pemotongan hewan kurban. Sebanyak 4 ekor sapi dan 16 ekor kambing di potong dengan mengikuti protokol kesehatan diwilayah ini.

Torpedo kambing merupakan salah satu bagian tubuh hewan kurban yang diam-diam jadi buruan kaum pria. Meski tidak jelas betul teorinya, torpedo alias organ vital kambing jantan dipercaya bisa meningkatkan vitalitas di ranjang.

Diyakini, efek ini berasal dari kandungan testosteron yang tinggi di bagian tersebut. Testosteron sendiri dikenal sebagai hormon seks pria dan berperan penting dalam berbagai fungsi seksual, termasuk membangkitkan libido atau gairah seks.

Seorang praktisi kesehata, dr Andi Khomeini Takdir, SpPD, menyiratkan bahwa anggapan ini tak lebih dari sekadar mitos. Menurutnya, vitalitas pria ditentukan oleh banyak faktor sehingga tidak semudah itu dibangkitkan.

"Vitalitas pria ditentukan oleh banyak faktor, bukan dengan konsumsi torpedo lantas masalah vitalitas selesai," jelas dr Koko, sapaan akrabnya, saat dihubungi detikcom.

Menurut dr Koko, para pemburu torpedo kambing justru perlu hati-hati jika punya riwayat sakit jantung dan kolesterol tinggi. Bukan tidak boleh mengonsumsinya sama sekali, tetapi ada baiknya dibatasi alias tidak berlebihan dan diimbangi dengan sayuran dan buah segar.

"Lemak tetap diperlukan. Lemak yang sehat itu kita bisa dapatkan dari alpukat, kacang-kacangan yang tak digoreng, dan juga daging dalam jumlah terbatas dan pengolahan yang pas (tak menambah minyak)," jelasnya. [detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close