Soal Klaim 'Obat Corona' di Video Anji, Kemenkes: Temuan Gak Jelas - Konten Islam -->

Soal Klaim 'Obat Corona' di Video Anji, Kemenkes: Temuan Gak Jelas

disebut plagiat anji marah besar

Musisi Anji kembali bikin heboh setelah muncul bersama seorang pria yang diketahui bernama Hadi Pranoto dan mengklaim sebagai pakar mikrobiologi dalam channel Youtube Dunia Manji. Di video yang beredar, Anji membahas soal obat atau ramuan herbal antibodi yang diklaim sudah mengobati ribuan pasien Corona.

Menanggapi, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr Achmad Yurianto menegaskan klaim soal 'obat Corona' yang disebutkan dalam video tersebut tidak memiliki bukti.

"Temuan gak jelas," tegas dr Yuri, sapaan akrabnya, saat dihubungi detikcom, Minggu (2/8/2020).

Hingga kini, obat spesifik untuk menyembuhkan COVID-19 masih belum ditemukan. Para tenaga medis saat ini menggunakan kombinasi obat sepeti hidroksiklorokuin, lopinavir, dan ritonavir untuk meredakan gejala yang dialami pasien Corona.

Temuan soal obat Corona tidak bisa sembarang diklaim, sebab harus melalui tahapan uji coba dan uji klinis seperti vaksin sebelum bisa digunakan secara massal. Berbicara soal klaim obat Corona yang disinggung di video Anji, Wakil Ketua Umum PB IDI, dr. Slamet Budiarto menyatakan pernyataan tersebut bisa masyarakat.

"Kan artinya itu pembohongan kepada masyarakat, dan itu bisa dipidana ya. Si artis Anji itu harus bisa membuka dia (Hadi Pranoto) kerja di mana, profesornya di mana, kan nggak jelas," imbuhnya.

Slamet juga meminta masyarakat berhati-hati dengan klaim yang beredar mengenai obat atau vaksin virus Corona.

"Pokoknya harus check and re-check, karena sampai saat ini kan belum ada obat virus yang khusus untuk virus COVID-19 kan belum ada, vaksinnya juga belum ada. Jadi ya harus hati-hati," tegasnya. [detik]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close