[Cek Fakta] Foto Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber dengan Bendera PKI? Ini faktanya

Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

Beredar sebuah foto beberapa pemuda tengah mengibarkan bendera Partai Komunis Indonesia (PKI) di atas puncak gunung. Salah satu pemuda dalam foto tersebut dinarasikan sebagai salah satu pelaku penusukkan ulama Syekh Ali Jaber.

Akun Facebook atas nama Boylet Z membagikan foto ini pada 15 September 2020. Dalam foto tersebut terdapat narasi sebagai berikut.

 

    "Ini orang biadab.. yg nyerang nusuk ulama.Syeh Ali Jaber… yg katanya Gilaa.."

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran tim cek fakta Medcom.id, klaim foto pelaku penusukan Syekh Ali Jaber dengan bendera PKI adalah salah. Faktanya, foto tersebut kerap dijadikan bahan berita hoaks yang sudah beredar sejak 2015.

Foto ini sebelumnya dijadikan bahan berita hoaks yang menarasikan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep salah satu orang dalam foto tersebut.

Klarifikasi berita tersebut telah dimuat dalam cek fakta medcom.id berjudul "Foto Penampakan Kaesang Anak Jokowi Bangga Kibarkan Bendera PKI? Ini Faktanya". Foto ini sebelumnya banyak beredar di media sosial twitter. 


Dilansir dari Merdeka.com, Polisi belum menemukan kaitan pelaku penusukkan Syekh Ali Jaber dengan kelompok teroris tertentu. AA, pelaku penusukkan beralasan kerap terbayang sosok Syekh Ali setelah menyaksikannya berdakwah lewat televisi.

"Ya sampai sejauh ini kita belum menemukan hal kesana (terorisme) yang karena berdasarkan pemeriksaan tersangka tadi malam dalam pengakuannya, dia sering melihat Syekh Ali di televisi. Sehingga dia merasa terbayang-bayangi wujud Syekh Ali Jaber dan melakukan tindakan (penusukan) tersebut," ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad dilansir Merdeka.com.

Pandra menambahkan, penyidik masih mendalami motif tindakan pelaku. "Hanya itu yang ada di alam pikiran dia. Makanya ini harus sesuai, antara fakta yang terjadi maupun dari keterangan tersangka," ujarnya. 

Kesimpulan:

Klaim foto pelaku penusukan Syekh Ali Jaber dengan bendera PKI adalah salah. Faktanya, foto tersebut kerap dijadikan bahan berita hoaks yang sudah beredar sejak 2015.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

Referensi:

1.https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yNLGwXPK-foto-penampakan-kaesang-anak-jokowi-bangga-kibarkan-bendera-pk2.

2.https://www.merdeka.com/peristiwa/polisi-belum-temukan-kaitan-penusuk-syekh-ali-jaber-dengan-kelompok-teroris.html

3.https://archive.vn/HG9JV

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016**

Artikel: Medcom.id

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close