Siap-siap! 398 Ribu Tenaga Honorer Bakal Terima Bantuan Rp 600 Ribu - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Siap-siap! 398 Ribu Tenaga Honorer Bakal Terima Bantuan Rp 600 Ribu

Siap-siap! 398 Ribu Tenaga Honorer Bakal Terima Bantuan Rp 600 Ribu

Pemerintah menegaskan tenaga kerja honorer juga akan mendapatkan subsidi gaji berupa bantuan Rp 600 ribu per bulan. Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sekaligus Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin menyatakan setidaknya ada 398 ribu tenaga kerja yang akan menikmati subsidi gaji.

Budi menjelaskan dari total 15 juta lebih pekerja yang terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan, 398 ribu di antaranya adalah tenaga kerja honorer.

"Dari 15 juta tenaga kerja yang terdaftar pada BPJS (Ketenagakerjaan), yang eligible untuk terima Program subsidi gaji, sekitar 398 ribu adalah tenaga kerja honorer," ungkap Budi dalam konferensi pers virtual via YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/9/2020).

Dia mengatakan tenaga honorer yang akan mendapatkan bantuan subsidi gaji hanya yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan saja, pasalnya pemerintah butuh data lengkap si penerima bantuan.

"Memang tenaga honorer ini adalah yang terdaftar di BPJS, karena memang kita butuh data lengkap. Ini sekaligus penghargaan terhadap pengiur, pembayar dan peserta BPJS," jelas Budi.

Sejauh ini dia mengatakan penyaluran subsidi gaji RP 600 ribu sudah berjalan sejak awal September dan akan terus disalurkan hingga 5 batch sampai akhir bulan pada penyaluran di gelombang 1. Kemudian, akan ada penyaluran gelombang ke 2 pada bulan Oktober dan November.

"Jadi alhamdulillah sudah ditransfer batch 1 dan 2, untuk 3, 4, 5, akan dikebut hingga akhir September. Untuk teman teman honorer 398 ribu ini akan ada gelombang ke dua, di bulan Oktober dan November," ungkap Budi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) membuat program bantuan yang khusus diberikan kepada tenaga honorer.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Ketua KPCPEN, usai mengikuti rapat terbatas dengan Jokowi secara virtual.

"Saya akan tambahkan saja tadi juga bapak presiden meminta untuk dilakukan pendalaman terkait dengan apa yang disampaikan oleh ketua pelaksana terkait untuk tenaga honorer. Ini pemerintah akan melakukan kajian di mana tenaga honorer pun akan diberikan bantuan," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (14/9/2020).

Dari data yang dipaparkan Budi, per 14 September, realisasi penyerapan anggaran program subsidi gaji sudah mencapai 17,4%. Total anggaran yang disiapkan adalah Rp 37,8 triliun dan akan diberikan kepada 15,72 juta pekerja. Dia menargetkan, hingga akhir bulan September penyaluran subsidi gaji akan mencapai Rp 8 triliun.

"Kita dorong penyalurannya sampai akhir bulan September ini, sehingga bisa tersalur Rp 8 triliun sampai akhir September," kata Budi.

Sementara itu, per Selasa 15 September 2020, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan bantuan langsung tunai (BLT) program subsidi upah berupa bantuan Rp 600 ribu/bulan gelombang 3 telah dicairkan ke 3,5 juta pekerja yang memenuhi kriteria.

Dia menerangkan penyaluran subsidi gaji telah diberikan kepada 9 juta penerima atau 57 persen dari total target 15,7 juta orang.

"Setelah menerima data dari BPJS, kami memaksimalkan waktu selama 4 hari kerja terhitung semenjak Rabu hingga Senin kemarin untuk melakukan check list kelengkapan data," kata Ida melalui keterangan tertulis.

Bantuan subsidi gaji sendiri diberikan kepada pekerja yang terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan. Bantuan diberikan Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan. Dikirim langsung ke rekening penerima bantuan sebanyak Rp 1,2 juta selama dua bulan sekali.(rmol)

 

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close