Tahanan Taliban Yang Dibebaskan Kembali Angkat Senjata Lawan Pemerintah

Tahanan Taliban Yang Dibebaskan Kembali Angkat Senjata Lawan Pemerintah 

KONTENISLAM.COM - Ketua Dewan Tinggi Afghanistan untuk Rekonsiliasi Nasional, Abdullah Abdullah, mengatakan bahwa sejumlah tahanan Taliban -yang dibebaskan oleh pemerintah Afghanistan sebagai syarat untuk perundingan damai- saat ini telah kembali mengangkat senjata.

Meskipun demikian, Abdullah mengatakan bahwa diskusi dengan Taliban di Qatar sejauh ini telah berjalan positif. Hal itu dikatakannya saat berbicara pada konferensi online dengan Dewan Hubungan Luar Negeri AS.

Namun, dia mengatakan beberapa -meskipun bukan mayoritas- dari 5.000 tahanan Taliban yang dibebaskan oleh pemerintah sebagai syarat untuk musyawarah, malah telah melanjutkan perang melawan Kabul.

"Saya tahu bahwa beberapa telah kembali ke medan perang, yang merupakan pelanggaran terhadap kesepakatan yang telah mereka buat," kata Abdullah, seperti dikutip dari AFP, Rabu (23/9).

Abdullah mengatakan pembicaraan antara kedua belah pihak telah dimulai di Doha dengan catatan positif, karena para delegasi membangun keakraban satu sama lain.

Namun, hingga saat ini tingkat kekerasan di Afghanistan belum turun. Abdullah meminta Amerika Serikat dan Pakistan agar menyetujui gencatan senjata.

Amerika Serikat meluncurkan proses perdamaian atas kesepakatannya sendiri dengan Taliban, sementara Pakistan mempertahankan hubungan dengan pemberontak.

“Sayangnya, selama ini tingkat kekerasannya sangat tinggi dan tidak bisa diterima masyarakat,” kata Abdullah.

"Saya mengulangi seruan saya kepada Taliban sendiri dan juga kepada semua mitra yang memiliki pengaruh atas Taliban untuk mendesak hal itu."

Dalam kesempatan itu Abdullah juga mengatakan dia berencana mengunjungi Pakistan dalam beberapa hari mendatang untuk pertama kalinya sejak 2008.

Kekerasan yang terus-menerus, dan kegagalan Taliban untuk sepenuhnya memutuskan hubungan dengan ISIS dan kelompok jihadis Al Qaeda, disebut sebagai penghalang keberhasilan oleh para pejabat AS yang bersaksi di Kongres pada Selasa.

Kepala negosiator AS Zalmay Khalilzad mengatakan penarikan pasukan AS, di bawah perjanjian AS-Taliban, akan dihentikan kepada sekitar 4.500 yang tersisa di Afghanistan pada November, sementara Washington menilai apakah pemberontak memenuhi janji mereka.

"Penarikan lebih lanjut akan ditentukan berdasarkan kondisi di lapangan dan pengiriman oleh Taliban atas komitmen mereka," kata Khalilzad dalam sidang komite pengawas DPR.

Sejauh ini AS telah memangkas jumlah pasukan di Afghanistan lebih dari setengah dari sekitar 12.000 pasukan yang ada.

Di bawah janji Presiden Donald Trump untuk mengakhiri keterlibatan AS dalam perang di luar negeri, Washington telah berjanji untuk menarik semua pasukan pada Mei 2021, jika Taliban dan pemerintah dapat mencapai kesepakatan damai yang solid.

Bagaimanapun, tingkat kekerasan saat ini terlalu tinggi. Kami tahu bahwa pengurangan itu mungkin," kata Khalilzad, mencatat gencatan senjata singkat dihormati oleh Taliban di masa lalu. (Rmol)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close