Penangkapan Aktivis KAMI, Refly Harun: Sedikit Saja Otoritarianisme Diberi Ruang, Kita Kembali ke Orde Baru - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Penangkapan Aktivis KAMI, Refly Harun: Sedikit Saja Otoritarianisme Diberi Ruang, Kita Kembali ke Orde Baru

Penangkapan Aktivis KAMI, Refly Harun: Sedikit Saja Otoritarianisme Diberi Ruang, Kita Kembali ke Orde Baru

 KONTENISLAM.COM - Salah satu deklrator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Refly Harun mengomentari penangkapan terhadap sejumlah aktivis KAMI.

Refly menyebut, penangkapan itu sulit untuk tidak dikaitkan dengan kepentingan politik.

Hal itu disampaikan Refly Harun melalui akun Youtube miliknya yang berjudul ‘UU ITE Untuk Penjahat Dunia Maya, Bukan Aktivis Kritis!’, Minggu (18/10/2020).

“Aspirasi itu sekeras-kerasnya kalau masih berbentuk kata, kalimat, harusnya bisa ditolerir dalam sebuah negara demokratis,” ujarnya dikutip PojokSatu.id dari RMOL.

Terkecuali, kata dia, kritik itu dilakukan dengan menyerang langsung terhadap pribadi seseorang.

“Maka bisa saja atas inisiatif orang yang bersangkutan diadukan dengan pasal pencemaran nama baik,” kata pakar hukum tata negara ini.

Karena, kata Refly, yang pertama kali harus dilindungi adalah warga negara, bukan institusi seperti Kepresidenan, TNI, Polri, bahkan kementerian.

“Mereka (institusi) menjalankan tugas-tugas konstitusional dan rakyat sebagai pemegang kedaulatan berhak mengontrol mereka,” ujarnya.

“Mungkin ada caranya (mengontrol) dengan halus, tapi ada juga cara yang lebih kasar misalnya,” sambung dia.

Apa yang dilakukan sejumlah kritikus adalah hak konstitusional yang dilakukan semata-mata untuk menjaga agar institusi tetap amanah mewakili rakyat.

“Tidak misuse the power misalnya. Karena kalau mereka misuse the power, maka bahaya sekali negara ini dalam memelihara reformasi dan demokrasi di republik ini,” jelas Refly.

“Sedikit saja diberi peluang untuk otoritarianisme, maka kita bisa kembali pada era kelam orde lama dan orde baru,” terang Refly.[pojoksatu]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close