Mahfud MD: Saya Waktu di Arab Sering juga Dipanggil ‘Habib' - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Mahfud MD: Saya Waktu di Arab Sering juga Dipanggil ‘Habib'

Mahfud MD: Saya Waktu di Arab Sering juga Dipanggil ‘Habib'

 KONTENISLAM.COM - Gelar habib yang disandang para keturunan Nabi Muhamma SAW, termasuk Rizieq Shihab selalu menuai pro kontra di masyarakat.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD pun mengatakan, bahwa panggilan ‘habib’ itu ditujukan kepada seseorang yang dihormati. Hal itu disampaikan Mahfud dalam akun Twitternya, 19 Desember 2018 silam.

Karena itu, menurut Mahfud, tidak semua orang yang dipanggil dengan sebutan ‘habib’ merupakan keturunan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

“Banyak orang tak paham arti habib. Habib itu sebutan hormat dan sayang kepada seseorang. Misal kepada rektor, menteri, dirut PJKA. Tak semua yang dipanggil habib keturunan Nabi,” kata Mahfud, dikutip dari akun Twitternya, Senin 16 November 2020.

Mahfud kemudian merespons kontroversi panggilan habib. Sebab, ada beberapa figur yang dipanggil dengan sebutan tersebut, namun ternyata berurusan dengan hukum.

Mahfud memaparkan, keturunan Rasulullah terbagi dua, dari jalur Hasan dan Husein. Dari jalur Hasan, disebut Syarif (jika laki-laki) atau Syarifah (bila perempuan).

Adapun dari jalur Husen disebut Sayyid (laki-laki) dan Sayyidah (perempuan). Untuk diketahui, Hasan dan Husein merupakan cucu Rasulullah. Mereka putra dari pasangan Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az Zahra (putri Rasulullah).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga mengaku pernah dipanggil dengan sebutan habib saat di Arab Saudi beberapa waktu lalu.

“Saya saja keturunan wong ndeso di Madura. Tapi kalau ke Saudi dan ketemu orang sering dipanggil habib. Pernah pula mendapat surat dalam Bahasa Arab yang ditujukan kepada Alhabib Mahfud,” pungkasnya. [okezone]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close