Pangdam Jaya Klarifikasi: Kami Tak Bisa Bubarkan FPI, Itu Kewenangan Pemerintah

KONTENISLAM.COM - Pernyataan Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurachman soal pembubaran FPI menuai pro-kontra. 

Dudung akhirnya menjelaskan pembubaran FPI merupakan kewenangan pemerintah, bukan dirinya.

"Nah pertanyaan tadi (soal pembubaran FPI) kan saya sampaikan 'kalau perlu', 'kalau perlu bubarkan' kan, begitu kan FPI itu," kata Dudung di Markas Kodam Jaya, Jalan Mayjen Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur, Senin (23/11/2020).

Dudung menjawab pertanyaan wartawan soal wewenang Panglima Kodam Jaya perihal pembubaran FPI. Dudung meluruskan bahwa semula dirinya hanya menyampaikan penilaian, bukan menyampaikan bahwa FPI akan dia bubarkan. Soalnya, yang bisa membubarkan FPI adalah pemerintah.

"Kalau Pangdam TNI tidak bisa membubarkan. Itu harus pemerintah kan. Saya katakan 'kalau perlu', kan begitu. Bukan kita (yang membubarkan), tidak ada kewenangan TNI," kata Dudung.

Bukan Arahan TNI

Di samping Dudung, ada Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Achmad Riad. Dia menjelaskan keterangan bahwa pernyataan FPI dibubarkan itu adalah pernyataan pribadi Dudung, bukan arahan dari Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

"Yang ngomong bubarkan cuma Pangdam. Panglima tidak ngomong," kata Riad meluruskan.

(Sumber: Detikcom)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close