Saat Akhirnya Habib Rizieq Buka Suara soal Kondisi Kesehatan

Saat Akhirnya Habib Rizieq Buka Suara soal Kondisi Kesehatan 

KONTENISLAM.COM -  Informasi mengenai kondisi kesehatan Habib Rizieq Syihab sempat simpang siur. Akhirnya, Rizieq buka suara soal kondisi kesehatannya.

Imam Besar FPI itu dirawat di RS UMMI, Kota Bogor, Jawa Barat. FPI menyatakan Rizieq meminta general check-up karena kelelahan saat disambut, disalami, dipeluk, dan dicium banyak orang dalam rangkaian kegiatan kepulangannya ke Indonesia.

Direktur Utama RS Ummi Bogor, Andi Tatat menjelaskan Habib Rizieq dan istrinya masih beristirahat di RS Ummi Bogor. Habib Rizieq dirawat di ruangan president suite. Dia menambahkan Habib Rizieq dirawat sejak kemarin.

"(Sejak) kemarin (25/11), cuma ini masuk hari kedua (dirawat)," ujar Tatat di RS UMMI Bogor, Jalan Empang II No. 2, Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (26/11/) lalu.

Berati, Sabtu (27/11/2020) ini adalah hari ketiga Rizieq dirawat di RS UMMI. Dia menjelaskan, Rizieq sempat masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) karena kelelahan.

"Teman-teman, Habib Rizieq kemarin ke rumah sakit ini, masuk IGD, memang karena dia, ada, apa namanya, capai. Memang dengan aktivitas beliau yang begitu langsung pulang langsung maraton ketemu dengan itu," kata Andi Tatat.

Andi Tatat menepis kabar Habib Rizieq saat ini menggunakan alat bantu pernapasan atau ventilator. Kabar tersebut ditegaskan tidak benar.

Giliran Rizieq sendiri yang menjelaskan kondisi kesehatannya. Rizieq berbicara lewat video yang beredar lewat aplikasi perpesanan. Video ini dikonfirmasi oleh FPi sebagai video asli dari Rizieq.

Habib Rizieq duduk dengan keluarganya di sebuah ruangan. Di depan Habib Rizieq dan keluarga duduk, ada meja berisi makanan. Video itu menampilkan keterangan waktu 26 November 2020 pukul 20.10 WIB dan keterangan lokasi di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

"Insyaallah. Kita sekarang hanya ingin, apa namanya.... Kita sedikit kelelahan. Banyak orang antusias nyambut yang salaman, yang nyium tangan, yang meluk, yang nyium," kata Habib Rizieq.

Habib Rizieq menjelaskan sudah melakukan general checkup. Hasilnya, kata Habib Rizieq, bagus.

"Dan alhamdulillah hasil general checkup Abah insyaallah semuanya bagus," sebut Habib Rizieq.

Rizieq mengaku sudah menjalani general check-up yang memantau kondisi jantung, paru-paru, ginjal, hati, asam urat, hingga asam lambung.

Soal tes COVID-19

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan pihaknya akan melakukan tes swab ulang kepada Habib Rizieq, meski sebelumnya ia dilaporkan bahwa HRS telah diswab oleh tim MER-C Jakarta. Hal itu untuk memastikan semua prosesnya sesuai dengan aturan dan standar kesehatan

Namun pada malam hari, Bima Arya mendapat kabar bahwa Rizieq menolak tes usap ulang. Dia langsung menyambangi Rizieq di RS UMMI.

"Saya tadi bersama Pak kapolres, Pak Dandim, tabayun, mengkonfirmasi laporan dari staf kami, dari tim kami bahwa keluarga tidak berkenan untuk dilakukan swab. Menurut penjelasan keluarga memang berkeberatan, karena mengapa harus dua kali, karena diswab itu kan sakit, kira-kira begitu," kata Bima Arya usai menemui pihak keluarga Habib Rizieq Shihab di RS UMMI, Jumat (27/11) malam.

Bima Arya Datangi RS UMMI Bogor: Putra Habib Rizieq Tak Bersedia Tes Swab
Bima Arya Datangi RS UMMI Bogor: Putra Habib Rizieq Tak Bersedia Tes Swab Foto: Bima Arya di RS UMMI Bogor (Tim detikcom)
"Kemudian beliau sampaikan tadi bahwa yang melakukan swab adalah tim MER-C, kemudian (spesimen) dikirim ke lab yang juga tersertifikasi, kira-kira begitu," tambah Bima.

Bima Arya bakal memastikan tes swab terhadap Rizieq sesuai prosedur. Dia mendapat nama-nama dokter yang melakukan tes COVID-19 terhadap Rizieq dengan tujuan untuk kroscek spesimen Rizieq.(detik)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close