Apa Saja Efek Samping Vaksin Sinovac? Ini Kata Ahli

Regulator Obat Eropa Akan Setujui Vaksin Corona Sebelum Natal? 

KONTENISLAM.COM - Vaksinasi COVID-19 sebentar lagi dimulai. Hanya saja banyak yang bertanya-tanya soal efek samping vaksin Sinovac, yang menjadi vaksin COVID-19 pertama yang bakal digunakan di Indonesia.

Ahli mengatakan efek samping vaksin Sinovac tidak membahayakan nyawa atau menimbulkan kecacatan.

"Misalnya efek samping lokal. Jadi nyeri pada tempat suntikan. Kita kan namanya dimasukin jarum, dimasukkin vaksin, berarti ada reaksi lokal," jelas Sekretaris Eksekutif Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), Dr dr Julitasari Sundoro, MSc-PH dalam diskusi Tolak dan Tangkal Hoaks yang disiarkan kanal Youtube Forum Merdeka Barat, beberapa waktu lalu.

"Ada juga reaksi sistemik, misalnya pegal-pegal kemudian demam ringan. Tapi itu sangat kecil karena vaksin yang tiba ini adalah vaksin yang inactivated, vaksin yang mati. Jadi efek sampingnya itu jauh lebih kecil dari vaksin-vaksin lain yang live attenuated atau vaksin-vaksin hidup," lanjutnya.
 
Vaksin Sinovac adalah salah satu vaksin COVID-19 yang yang dipakai Indonesia untuk vaksinasi COVID-19, sebanyak 3 juta dosis telah disebarkan di seluruh provinsi Tanah Air.

Sebelumnya, Turki menunjukkan vaksin Sinovac efektif 91,25 persen melawan infeksi Corona. Dikutip dari laman Reuters, peneliti Turki mengatakan pada Kamis (24/12/2020) lalu tidak ada efek samping vaksin sinovac yang terlihat selama uji klinis, selain dari satu orang yang memiliki reaksi alergi.

"Kami yakin akan efek vaksin itu. Kami sekarang yakin bahwa vaksin itu efektif dan aman untuk rakyat Turki," kata Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca pada konferensi pers.

Efek samping vaksin Sinovac yang umum dari hasil uji klinis tersebut adalah demam, nyeri ringan dan sedikit kelelahan.[detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close