Banyak Bencana Alam, MUI Akan Gelar Muhasabah-istighosah - Konten Islam -->

Banyak Bencana Alam, MUI Akan Gelar Muhasabah-istighosah

 

KONTENISLAM.COM - Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengadakan acara Muhasabah dan Istighatsah untuk Negeri di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis 28 Januari 2021 malam.

Muhasabah dan Istighatsah yang dihadiri sejumlah ulama dan pejabat negara ini ini disiarkan langsung melalui fasilitas zoom meeting dan youtube channel di akun Official TV MUI sehingga bisa diakses dan diikuti masyarakat luar.

Live akan berlangsung tepat pada pukul 20.00 WIB. Istighatsah akan dipimpin Pimpinan Majelis Rasulullah, Habib Nabil Al-Musawwa yang dirangkai dengan doa dari sejumlah ulama.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis, menyampaikan bahwa musibah yang dialami umat manusia, khususnya bangsa Indonesia yang terus tanpa henti tidak bisa hanya dipahami sebagai ujian saja. Kejadian itu mungkin juga adzab karena umat telah berbuat maksiat kepada Allah SWT, kejadian itu juga bisa merupakan bagian dari hukum alam, karena mengikuti hukum kausalitas.

Ketiga hal tersebut baik musibah, adzab atau fenomena alam itu, menurut Kiai Cholil, semuanya berada dalam kekuasaan Allah. Oleh karena itu pihaknya mengajak kepada umat Islam mengetuk pintu langit.

“Kalau kejadian itu berkenaan dengan hukum alam ya Allah berikanlah kekuatan kepada alam ini agar bencana diangkat Allah,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Kiblat.net pada Rabu (27/01/2021).

Dia menambahkan, Muhasabah dan Istighatsah yang berpusat di Majid Istiqlal ini merupakan bagian dari dakwah MUI kepada umat Islam di Indonesia khususnya untuk bersama-sama mendekatkan diri keada Allah Yang Mahakuasa. Agar musibah atau adzab, baik yang alam maupun non alam segera diangkat oleh Allah SWT dari bumi Indonesia.
 
“MUI sebagai organisasi dari perkumpulan ormas-ormas, ulama dan cedekiawan juga ingin memberikan contoh dan mengajak agar kita semua meningkatkan doa kepada Allah sebagai senjata orang muslim dalam menghadapi segala hal, yakni dengan cara mendekatkan diri kepada Allah,” ujar Kiai Cholil.[kiblat]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close