Bongkar Indonesia ‘Demokrasi Kriminal’, Rizal Ramli : Jadi Bupati saja Harus Bayar Partai - Konten Islam -->

Bongkar Indonesia ‘Demokrasi Kriminal’, Rizal Ramli : Jadi Bupati saja Harus Bayar Partai

Bongkar Indonesia ‘Demokrasi Kriminal’, Rizal Ramli : Jadi Bupati saja Harus Bayar Partai 

KONTENISLAM.COM - Pakar Ekonomi sekaligus politisi Rizal Ramli menilai bahwa rusaknya demokrasi di Indonesia sudah mencapai tahap demokrasi kriminal.

Pertama, Rizal Ramli menuturkan bahwa untuk mencalonkan menjadi bupati harus menyewa sebuah partai.
 
“Kalau ada yang mau maju jadi Bupati itu mesti menyewa partai dua sampai tiga partai,” ucap Rizal Ramli sebagaimana yang dikutip pikiranrakyat-tasikmalaya.com dari kanal Youtube Karni Ilyas Club yang diunggah pada Jumat 29 Januari 2021.

Rizal Ramli menuturkan bahwa biaya Bupati untuk menyewa saja sudah menghabiskan puluhan miliar apalagi untuk mencalonkan menjadi Presiden bisa mencapai satu triliun.

“Biayanya itu bisa sampai 30 sampai 50 miliar, biaya partai saja, baru buat Bupati, buat Gubernur bisa 100 miliar sampai 300 miliar, kalau untuk Presiden bisa sampai satu triliun,” tutur Rizal Ramli.

Rizal Ramli pun menilai bahwa hal tersebut disebut dengan ‘demokrasi kriminal’, sebab untuk mencalonkan diri menjadi Bupati sampai Presiden harus membayar Partai Politik terlebih dahulu.

“Ya karena mau jadi Bupati atau Gubernur harus menyewa partai,” tandas Rizal Ramli.

“Dan partai-partai besar ini dapat menikmatinya, dan tidak tertarik untuk mengubah hal tersebut,” ujar Rizal Ramli berikan penjelasan.
 
Sumber: pikiran-rakyat.com


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close