Brasil Sebut Kemanjuran Vaksin Sinovac Buatan China cuma 50,4 Persen - Konten Islam -->

Brasil Sebut Kemanjuran Vaksin Sinovac Buatan China cuma 50,4 Persen

Brasil Sebut Kemanjuran Vaksin Sinovac Buatan China cuma 50,4 Persen 

KONTENISLAM.COM - Vaksin COVID-19 buatan Sinovac Biotech China disebut hanya memiliki keefektifan sebesar 50,4 persen dalam mencegah infeksi COVID-19. Hal itu terungkap dalam uji coba yang dilakukan di Brasil.

Dilansir dari Al Jazeera, Rabu, 13 Januari 2021, hasil ini merupakan salah satu kekecewaan bagi Brasil, karena vaksin China adalah salah satu dari dua vaksin yang disiapkan pemerintah federal untuk memulai imunisasi selama gelombang kedua wabah COVID-19 di negara Amerika Selatan itu.

Beberapa ilmuwan dan pengamat pun mengkritik Butantan Institute, selaku pusat biomedis yang merilis beberapa data ekspektasi tidak realistis. Hal ini menambah keraguan di Brasil mengenai vaksin China.

"Kami memiliki vaksin yang bagus. Bukan vaksin terbaik di dunia. Bukan vaksin yang ideal," kata ahli mikrobiologi, Natalia Pasternak, menanggapi hasil analisa dari Butantan Institue tentang vaksin Sinovac.

Pekan lalu, para peneliti Brasil memuji hasil uji klinis yang menghasilkan 78 persen kemanjuran vaksin Sinovac melawan COVID-19, dengan gejala ringan hingga parah. Namun saat itu, mereka belum berkomentar tentang infeksi 'sangat ringan', di antara mereka yang telah menerima vaksin tetapi tidak memerlukan bantuan klinis.

Pengungkapan tentang hasil uji coba vaksin China secara global menimbulkan kekhawatiran bahwa uji coba tersebut belum menjadi sasaran pengawasan publik yang sama, seperti alternatif yang dikembangkan oleh produsen AS dan Eropa.

Para peneliti di Butantan menunda pengumuman hasil mereka tiga kali. Menyalahkan klausul kerahasiaan dalam kontrak dengan Sinovac.

Pejabat Butantan mengatakan, desain penelitian di Brasil, yang berfokus pada petugas kesehatan garis depan selama wabah parah di Brasil. Mencakup sukarelawan lansia, tidak memungkinkan untuk membandingkan hasil secara langsung dengan uji coba atau vaksin lain. [viva]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close