Joe Biden Dukung “Solusi Dua Negara” Israel-Palestina - Konten Islam -->

Joe Biden Dukung “Solusi Dua Negara” Israel-Palestina

Presiden AS. Joe Biden. (Foto: Associated Press) 

KONTENISLAM.COM - Presiden AS, Joe Biden percaya “solusi dua negara” adalah satu-satunya jalan untuk perdamaian antara Israel dan Palestina.

“Biden percaya bahwa “solusi dua negara” tetap menjadi satu-satunya jalan ke depan,” kata juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki pada Selasa (27/01/2021).

“Solusi dua negara” sendiri merupakan salah satu opsi solusi konflik Israel–Palestina yang menyerukan untuk dibuatnya “dua negara untuk dua warga.” Dengan solusi tersebut, Negara Palestina berdampingan dengan Israel, di sebelah barat Sungai Yordan.

Namun perbatasan antar negara masih dipersengketakan oleh pemimpin Palestina dan negara Arab yang menginginkan perbatasan pada tahun 1967, yang tidak disepakati oleh Israel.

Kerangka “solusi dua negara” sendiri telah tertulis dalam resolusi PBB mengenai “penyelesaian damai tentang masalah Palestina” sejak tahun 1974. Resolusi tersebut menyerukan “untuk kedua negara, Israel dan Palestina … hidup berdampingan dengan batas negara yang diakui” dengan “sebuah resolusi masalah sesuai dengan resolusi PBB 194”. Batas negara Palestina “berdasarkan dengan batas negara sebelum tahun 1967”.

Resolusi terbaru disahkan pada bulan November 2013 dengan suara 165 mendukung, 6 menentang, dan 6 abstain. Negara yang menentang adalah Kanada, Israel, Amerika Serikat, Negara Federasi Mikronesia, Kepulauan Marshall dan Palau.

Sumber: Reuters


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close