Jokowi: Subsidi Pupuk Rp33 Triliun, Kembaliannya Apa? Ada yang Enggak Benar - Konten Islam -->

Jokowi: Subsidi Pupuk Rp33 Triliun, Kembaliannya Apa? Ada yang Enggak Benar

Jokowi: Subsidi Pupuk Rp33 Triliun, Kembaliannya Apa? Ada yang Enggak Benar 

KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mempertanyakan dampak subsidi pupuk untuk negara. Menurutnya, suntikan subsidi pupuk kepada petani belum berkontribusi besar bagi ekonomi negara.

“Pupuk saya ingat, setahun berapa subsidi pupuk? Rp33 triliun, returnnya apa? kembaliannya apa? Apakah produksi melompat naik?” ujar Jokowi dalam pembukaan rapat kerja nasional pembangunan pertanian di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/1).
 
Jokowi mempertanyakan return atau pengembalian yang didapat negara. Kepala negara heran dana puluhan triliun yang disalurkan belum menjadi keuntungan.

“Rp33 triliun saya tanya kembaliannya apa? 5 Tahun berapa? 10 tahun berapa triliun? Kalau 10 tahun sudah Rp330 triliun, bapak dan ibu angka itu besar sekali. Artinya tolong ini dievaluasi ini, ada yang salah saya sudah berkali-kali meminta ini,” tegasnya.

Jokowi ingin teknologi harus digunakan dalam pembangunan pertanian. Sehingga, harga pokok produksinya bisa bersaing dengan harga komoditas yang sama dengan negara-negara lain.

“Ini baru namanya benar, kalau tiap tahun kita keluarkan subsidi pupuk seperti itu, kemudian tidak ada lompatan di sisi produksinya, ada yang salah, ada yang gak benar di situ,” pungkasnya.
 
Sumber: merdeka.com


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close