Keamanan Penerbangan Indonesia Buruk, Ditambah Adanya Pandemi Yang Jadi Tantangan Pada Keselamatan Udara

Keamanan Penerbangan Indonesia Buruk, Ditambah Adanya Pandemi Yang Jadi Tantangan Pada Keselamatan Udara 

KONTENISLAM.COM - Peristiwa kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 membuat semua mata dunia terarah kepada keamanan penerbangan Indonesia.

Pesawat Sriwijaya Air pada Sabtu (9/1) yang membawa 62 orang jatuh ke Laut Jawa beberapa menit setelah lepas landas, menandai kecelakaan maskapai besar ketiga di negara itu hanya dalam waktu enam tahun, menurut laporan Reuters.


Dalam 10 tahun terakhir, tercatat beberapa kecelakaan udara yang dialami penerbangan Indonesia, menjadikannya pasar penerbangan paling mematikan di dunia, setelah Rusia, Iran dan Pakistan, menurut database Jaringan Keselamatan Penerbangan.

Masyarakat masih diingatkan pada peristiwa hilangnya Lion Air 737 MAX pada Oktober 2018 yang berkontribusi pada landasan global model. Kemudian jatuhnya AirAsia Indonesia Airbus SE A320 pada Desember 2014.

Kecelakaan Lion Air pada 2018, menewaskan 189 orang, dipandang sebagai kejadian luar biasa karena mengungkapkan masalah mendasar dengan model pesawat dan memicu krisis keselamatan di seluruh dunia untuk Boeing.

Indonesia akan berada di atas Rusia jika tidak ada yang selamat dari kecelakaan pada hari Sabtu itu.

Media Jerman Zeit Online juga menyoroti soal keselamatan transportasi udara di Indonesia yang membuat regulator di Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) sempat melarang maskapai dari Indonesia terbang ke negara-negara Barat.

"Setelah serangkaian kecelakaan, UE mencabut izin operasi maskapai penerbangan Indonesia dari 2007 hingga 2018," tulis Zeit Online.

Zeit Online juga mengatakan bahwa regulator di AS ikut menilai keselamatan penerbangan di Indonesia yang tidak memadai dari 2007 hingga 2016.

Reuters menulis keamanan transportasi udara Indonesia telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan telah menerima evaluasi yang baik dari badan penerbangan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2018.

Namun, di negara dengan jumlah korban tewas yang besar akibat kecelakaan kendaraan dan feri, upaya penyelamatan berlomba melawan pola pikir yang selama ini terlanjur menganggap buruknya transportasi di Indonesia dengan beberapa kecelakaan yang tidak bisa dihindarkan.

"Kecelakaan pada Sabtu itu tidak ada hubungannya dengan MAX, tetapi Boeing sebaiknya memandu Indonesia, yang memiliki catatan keselamatan udara kotak-kotak, untuk memulihkan kepercayaan pada industri penerbangannya," kata Shukor Yusof, kepala konsultan penerbangan yang berbasis di Malaysia Endau Analytics.

Pihak berwenang menemukan perekam data penerbangan pesawat Sriwijaya dan perekam suara kokpit pada hari Minggu, tetapi para ahli mengatakan masih terlalu dini untuk menentukan faktor-faktor yang bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat berusia hampir 27 tahun itu.

"Ada banyak pendapat tentang kecepatan penurunan terakhirnya," kata Geoff Dell, pakar investigasi kecelakaan udara yang berbasis di Australia. “Ini indikasi dari apa yang terjadi, tapi kenapa itu terjadi masih menjadi tanda tanya. Ada banyak cara agar Anda bisa menurunkan pesawat dengan kecepatan itu."

Pasca kecelakaan SJ-182, catatan operasi Sriwijaya juga akan diawasi. Greg Waldron, editor pelaksana Asia di publikasi industri FlightGlobal mengatakan, “Catatan keamanannya beragam.”

Dia mengatakan maskapai telah menghapus pesawat jenis 737 itu, antara 2008 dan 2012, karena pendaratan yang buruk yang mengakibatkan runway overruns. Pada 2008 kecelakaan pesawat mengakibatkan satu kematian dan 14 cedera.

Namun, kepala eksekutif maskapai itu mengatakan pada hari Sabtu bahwa pesawat yang jatuh dalam kondisi baik.

Maskapai ini pada akhir 2019 mengakhiri kemitraan selama setahun dengan maskapai nasional Garuda Indonesia dan telah beroperasi secara independen.

Di masa pandemi, Sriwijaya telah memangkas jadwal penerbangannya. Ini juga akan menjadi pemeriksaan sebagai bagian dari penyelidikan menurut para ahli.

Chappy Hakim, analis penerbangan Indonesia dan mantan pejabat angkatan udara, mengatakan bahwa pandemi juga menjadi tantangan yang dihadapi maskapai yang kemungkinan besar berdampak pada keselamatan penerbangan.

"Misalnya, pilot / teknisi dikurangi, gaji tidak dibayar penuh, pesawat di-grounded,"  katanya. (RMOL)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close