Safari Kapolri Jenderal Sigit Berlanjut ke Markas Para Habib - Konten Islam -->

Safari Kapolri Jenderal Sigit Berlanjut ke Markas Para Habib

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kiri) bersama Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zein bin Umar bin Smith memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di DPP Rabithah Alawiyah, Jakarta, Sabtu (30/1/2021). Kunjungan Kapolri ke DPP Rabithah Alawiyah itu untuk bersilaturahim dengan ormas-ormas Islam besar dan ulama di Indonesia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj. 

KONTENISLAM.COM - Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengawali masa tugas sebagai Kapolri dengan mendatangi markas ormas-ormas Islam di Tanah Air. Setelah kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan kantor PP Muhammadiyah, hari ini giliran kantor DPP Rabithah Alawiyah yang dikunjungi Jenderal Sigit.

Jenderal Sigit tiba di gedung DPP Rabithah Alawiyah pukul 11.00 WIB. Jenderal Sigit terlihat mengenakan peci hitam. Dalam kunjungannya, Jenderal Sigit didampingi oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto, Direktur Tindak Pidana Siber Brigjen Slamet Uliandi dan Direktur Tindak Pidana Tertentu, Brigjen Syahar Diantono.

"Tentunya kegiatan yang saya lakukan yang pertama adalah melaksanakan silaturahim. Kedua kami berdiskusi bagaimana ke depan bisa membawa sinergi yang lebih baik khususnya bagaimana sinergi dengan ulama di dalam melaksanakan berbagai macam program kegiatan," kata Jenderal Sigit di Kantor DPP Rabithah Alawiyah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (30/1/2021).

"Khususnya bagaimana kami sebagai polisi mampu memberikan perlindungan, pengayoman kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan yang bersifat harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat) yang bisa kami kerjasamakan dengan Rabithah," sambung Jenderal Sigit.

Jenderal Sigit menuturkan dirinya menitipkan pesan kamtibmas kepada Rabithah Alawiyah untuk disampaikan kepada masyarakat. Jenderal Sigit menilai, bahasa hukum dan kepolisian lebih mudah dipahami masyarakat jika disampaikan oleh tokoh agama.

"Bahasa-bahasa hukum, bahasa-bahasa kepolisian yang tentunya akan langsung disampaikan ke masyarakat perlu ada penerjemahan. Jadi tadi kami sampaikan ke beliau-beliau, Pak titip supaya pesan Kamtibmas kami bisa disampaikan ke umat dengan bahas-bahasa umat," lanjutnya.

Jenderal Sigit mengatakan jika Rabithah Alawiyah ikut mensosialisasikan terkait Kamtibmas, maka akan sangat membantu Polri dalam menjaga situasi menjadi lebih kondusif. Jenderal Sigit memfokuskan agar kerja sama sinergitas Polri dengan para ulama dapat terwujud untuk menurunkan angka penularan virus Corona (COVID-19) yang saat ini sudah semakin tinggi.
 
"Tentunya itu akan sangat membantu untuk menjaga situasi yang bisa lebih kondusif. Tadi kami sampaikan ke beliau, kita saat ini sedang menghadapi situasi sulit. Semua negara mengalami sama yaitu terkait masalah pandemi COVID. Sampai hari ini angkanya sudah di atas 1 juta dengan angka penyebaran sudah di atas 13 ribu," tutur Jenderal Sigit.

"Artinya ini adalah masalah bersama yang kemudian kita juga kita harus bersama-sama bersinergi untuk menurunkan angka COVID. Bagaimana kemudian program pemerintah terkait bagaimana menyembuhkan masyarakat dengan program vaksin juga bagaimana kita mengawal kegiatan tersebut bisa berjalan baik," imbuh dia.

Jenderal Sigit berharap Polri bersama dengan Rabithah Alawiyah dapat terus mensosialisasikan langsung ke pada masyarakat terkait penerapan 5M. Jenderal Sigit ingin ke depan penerapan protokol kesehatan dapat dijalankan secara disiplin oleh masyarakat demi menekan penyebaran COVID-19.

"Itu lah hal-hal ke depan yang harus kita bangun, sehingga Indonesia dengan melaksanakan kedisplinan menegakan aturan protokol kesehatan yang baik maka angka COVID segera bisa kita turunkan. Dan kami tadi sepakat ke depan ada kegiatan bersama di lapangan yang sifatnya edukasi sosialisasi bagaimana aturan 5M, memakai masker mencuci tangan dan sebagainya," ucapnya.

Sigit berharap kerja sama terkait edukasi ke masyarakat antara Polri dengan ormas Islam dapat berbuah menurunnya angka kasus positif Corona. Dengan demikian, Polri dapat mengawal pertumbuhan ekonomi di masa pandemi ini agar pulih.

"Termasuk kegiatan yang akan kita laksanakan dalam beberapa Minggu ke depan bersama-sama kawan dari ulama NU Muhammadiyah untuk secepat mungkin kita bisa menurunkan angka COVID. Kemudian bagaimana kami dari kepolisian mengawal pertumbuhan ekonomi, mengawal bagian program-program pemberdayaan, sehingga kita bisa segera pulih dari Maslah COVID yang kita hadapi. Kita tahu pertumbuhan ekonomi kita sedang kita perbaiki dilaksanakan oleh seluruh elemen," ungkap Jenderal Sigit.

Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zein bin Umar bin Smith mengatakan kunjungan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ke kantor DPP Rabithah Alawiyah merupakan sebuah kehormatan. Habib Zein menyampaikan kunjungan Jenderal Sigit telah menyambung kembali silaturahmi yang sempat terputus.

"Alhamdulillah hari ini ada pertemuan silaturahmi dari Kapolri baru, Pak Sigit, yang merupakan suatu kehormatan bagi Rabithah. Di mana beliau melanjutkan beberapa waktu yang lalu kunjungan terakhir dari Kapolri yang berkunjung ke sini, itu zaman Pak Tito, setelah itu terputus. Baru beliau menyambung kembali," kata Habib Zein pada kesempatan yang sama.

"Jadi ini sebenarnya menyambung satu jembatan yang asalnya sudah ada dan terputus, dan ini merupakan hal yang baik," lanjutnya.

Habib Zein menuturkan kunjungan Jenderal Sigit ini telah memperlancar kembali komunikasi para ulama dengan Polri dan pejabat lainnya. Habib Zein berharap semua permasalahan bangsa yang terjadi dapat didiskusikan untuk diselesaikan bersama-sama.

"Karena, dengan adanya ketersambungan ini, tidak ada lagi komunikasi-komunikasi yang tersumbat di antara para ulama dengan Polri, dan juga dengan pejabat-pejabat atau penegak hukum yang lain. Saya kira dengan memperlancar komunikasi antarulama dan umara, mudah-mudahan semua hal yang dianggap bermasalah bisa didiskusikan dengan dialog," tuturnya.

Habib Zein mengaku tertarik dengan pola pendekatan komunikasi secara transparan dan humanis yang dilakukan Jenderal Sigit. Menurut Habib Zein, hal itu merupakan suatu bentuk perubahan besar yang dilakukan Polri.

"Jadi pendekatan tadi saya tertarik dengan pendekatan beliau. Waktu itu yang dikatakan bahwa di bawah pimpinan beliau, Polri akan melakukan pendekatan secara transparan dan humanis. Dua hal ini yang saya pegang bahwa ini merupakan suatu kemajuan besar, karena apa pun apabila pendekatan dialog, preventif, itu tidak akan terjadi hal-hal yang menjadikan kita seperti terpisah," ungkapnya.
 
"Nah, yang kedua pendekatan humanis ini juga perlu, karena juga masyarakat perlu ada edukasi. Karena, tanpa edukasi, masyarakat akan mengartikan berdasarkan persepsi pikiran masing-masing," sambungnya.

Habib Zein mengatakan, selain bersilaturahmi, Jenderal Sigit berdiskusi terkait kondisi dan permasalahan pandemi COVID-19 yang saat ini dihadapi Indonesia. Habib Zein menyampaikan sebagian masyarakat ada yang menilai COVID-19 sebagai sebuah konspirasi, padahal virus tersebut ada dan nyata.

"Jadi sekali lagi, kunjungan beliau ke sini tidak lebih dari silaturahmi, juga menjelaskan bagaimana kondisi negara kita dam kondisi yang berat dengan adanya pandemi ini dan juga merubah pola-pola pemikiran yang kadang-kadang mengartikan sendiri bahwa COVID ini konspirasi atau apa. Ini suatu kenyataan yang kita hadapi, di mana banyak kawan kita yang sudah meninggal terpapar penyakit ini, yang seperti... ya disikapi oleh masyarakat sebagian dianggap bagian dari kodrat, padahal ini kenyataan di hadapan kita pandemi," ucapnya.

Lebih lanjut Habib Zein menegaskan Rabithah Alawiyah berjanji akan membantu Polri mengatasi permasalahan COVID-19. Selain itu, Rabithah Alawiyah, kata Habib Zein, berkomitmen membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

"Para habaib sudah berkomitmen, kita berjanji akan membantu Polri dalam mengatasi masalah COVID dan akan membantu Polri dalam masalah kamtibmas, itu adalah komitmen kita," tandasnya.[detik]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close