Sepekan Menjabat, Biden Gencar Beri Peringatan Untuk China - Konten Islam -->

Sepekan Menjabat, Biden Gencar Beri Peringatan Untuk China

Sepekan Menjabat, Biden Gencar Beri Peringatan Untuk China 

KONTENISLAM.COM - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden telah berulang kali memberikan peringatan keras kepada China terkait niat ekspansionisnya di Asia Timur dan Tenggara.

Dalam satu pekan menjabat, Biden dan para pejabat keamanannya sudah menyatakan dukungan untuk Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan.

Pada Rabu (27/1), Biden mengatakan kepada Perdana Menteri Yoshihide Suga bahwa AS berkomitmen untuk membantu pertahanan Jepang, termasuk atas Kepulauan Senkaku yang juga diklaim oleh China.

Sikap itu digaungkan oleh Menteri Pertahanan Lloyd Austin, yang mengatakan kepada mitranya dari Jepang, Nobuo Kishi pada akhir pekan lalu bahwa pulau-pulau yang diperebutkan itu termasuk ke dalam Perjanjian Keamanan AS-Jepang.

Austin menegaskan bahwa AS tetap menentang setiap upaya sepihak untuk mengubah status quo di Laut China Timur.

Sementara itu, tiga hari pemerintahan Biden, jurubicara Departemen Luar Negeri Ned Price memperingatkan China yang mengirim 13 pesawat militer di zona identifikasi pertahanan udara Taiwan.

"Kami akan berdiri bersama teman dan sekutu untuk memajukan keamanan dan nilai-nilai kemakmuran bersama kami di kawasan Indo-Pasifik, dan itu termasuk memperdalam hubungan kami dengan Partai Demokrat Taiwan," kata Price.

Sementara itu, di Laut China Selatan, AS mengirim armadanya yang dipimpin oleh kapal induk USS Theodore Roosevelt untuk melakukan misi kebebasan navigasi pada 24 Januari lalu.(RMOL)


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close