Status WhatsApp Curi Data Rekening Bank, Benar atau Hoax? - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Status WhatsApp Curi Data Rekening Bank, Benar atau Hoax?

Jutaan Orang Tinggalkan WhatsApp Akibat Masalah Privasi Data 

KONTENISLAM.COM - Kehadiran WhatsApp di Status pengguna bikin heboh. Hanya saja beredar kabar kalau Status tersebut bisa curi data rekening bank, benar atau hoax?

Adapun pesan yang beredar menggunakan bahasa Malaysia. Isi pesannya sendiri mengingatkan pengguna untuk berhati-hati bila mengklik Status dari WhatsApp. Karena itu akan memungkinkan scammer mengakses rekening bank online dan mentransfer dana di dalamnya.

pesan viral Status WhatsApp adalah scammer

"Perhatian..TAKTIK BARU SCAMMER.....Hati2 dapat msg dari WhatsApp, tadi dah masuk berita tv3, jgn tekan link biru tu, kalau tekan data account bank dan data peribadi akan dipindahkan," demikian isi lengkap pesan tersebut.
 
Dalam postingan yang dibagikan lewat Facebook ditambahkan pula foto dari program berita yang membahas taktik scam WhatsApp. Lantas benarkah demikian?

Faktanya Status WhatsApp bukanlah praktik scammer. WhatsApp memang memposting Status dan muncul di semua pengguna. Kehadirannya dimaksudkan untuk memberikan informasi terbaru kepada pengguna secara langsung.

"WhatsApp sekarang ada di status! Kami akan membuat kalian tahu tentang fitur baru dan update di sini," tulis WhatsApp.

Terdapat 4 status perdana WhatsApp sekaligus yang dilayangkan pada pengguna. Salah satunya berisikan bagaimana komitmen mereka untuk menjaga privasi pengguna.

"Satu hal yang tidak baru adalah komitmen kami pada privasi kalian. WhatsApp tidak bisa mendengar pembicaraan pribadi kalian karena mereka dienskripsi end to end," papar WhatsApp.

Dan layaknya pengguna umumnya, Status yang dibuat WhatsApp telah lenyap setelah 24 jam di-posting.
 
Dilansir dari laman The Star, Sabtu (29/1/2021), postingan Facebook yang viral diketahui dibuat oleh Amad Ewan. Postingan tersebut telah dibagikan lebih dari 50 ribu kali.

Berdasarkan laporan akun Twitter Xavier Naxa, postingan Amad Ewan yang meresahkan banyak orang telah dihapus. Dia kemudian memposting permohonan maaf sembari menjelaskan maksud dan tujuan sebelumnya.

"Tujuan post abg... bukan untuk menimbulkan situasi panik pada semua... tapi lebih pada peringatan buat kita agar lebih berhati2 jika sekiranya app yang ada sepertu wassap ada pembaharuan seupaya kita x terleka untuk memberi senang data2 peribadi kita tanda sadar," tulis Amad.

"Jadi abg minta maaf...sesiapa yang merasa risau dan panik atas post abg tersebut. Harap kita sama2 srntiasa d jauhkan menjadi mangsa kepada scammer2 tersebut," lanjutnya.

Terkait foto program berita yang ada di postingan yang viral telah terkonfirmasi kalau tayangan tersebut tidak terkait scammer Status WhatsApp. Dalam pernyataan pers Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia (MCMC) disebutkan tayangan berita tersebut melaporkan penipuan yang mencoba membajak akun WhatsApp pengguna dengan menipu mereka agar membagikan kode verifikasi enam digit.[detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close