Vaksin COVID-19 Produksi Bio Farma Siap Edar Minggu Kedua Februari 2021 - Konten Islam -->

Vaksin COVID-19 Produksi Bio Farma Siap Edar Minggu Kedua Februari 2021

Penyuntikan vaksin Corona Sinovac telah dimulai di Indonesia. Seperti di Puskesmas Cilandak, petugas sudah memulai memberikan vaksin kepada warga. 

KONTENISLAM.COM - Bio Farma berhasil memproduksi enam juta dosis vaksin COVID-19 dari bulk Sinovac. Vaksin jadi ini ditargetkan beredar pada minggu kedua Februari 2021.

"Kita sudah menerima bahan baku tanggal 13 Januari yang lalu, ada 15 juta dosis (bulk vaksin) sekarang kita sedang produksi sampai hari ini berhasil enam batch, satu batch kurang lebih satu juta dosis," ujar Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir di Bandung, Jumat (29/1/2021).

Honesti mengatakan, vaksin-vaksin yang telah selesai diproduksi akan melewati proses quality control (QC) dan laporannya akan dikirimkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI untuk mendapatkan lot release.

"Kalau lot release sudah keluar baru kita distribusikan melalui dinas provinsi, kabupaten/kota, ke masyarakat. Target kita bertahap produksi tiap hari, produksi pertama lot releasenya minggu kedua Februari," kata Honesti.
 
Sebanyak 15 juta dosis bahan baku itu, kurang lebih akan diolah menjadi 12 juta dosis vaksin. Ia berharap pada Februari nanti, Bio Farma juga akan mendapatkan tambahan bahan baku sebesar enam juta dosis.

"Nanti bergulir, Maret, April, tiap bulan kalau kita hitung tiap bulan itu masih bisa lah memenuhi kebutuhan vaksinasi kita, tapi memang kita masih butuh tambahan supply, karena dari Sinovac ini sekitar bahan baku 140 juta dosis, kalau jadi vaksin jadi 122,5 juta padahal kebutuhan kita 426 juta tapi nanti ada lagi dari AstraZeneca, Novavax, Moderna, Pfizer dan yang lainnya," ujar Honesti

Kepala BPOM RI Penny K Lukito mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu data QC (quality control) dari Bio Farma. "Kita masih menunggu datanya masuk dari Bio Farma, ada beberapa tes-tes yang dilakukan dikaitkan dengan uji stabilitas, lot release insya Allah Februari pertengahan," katanya.[detik]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close