BNPT Telusuri Info Ormas Diduga Terlibat Kelompok Terorisme

Kepala BNPT Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H meminta warga meningkatkan kewaspadaan akan bahaya terprisme. Hal itu disampaikan dalam talkshow di Jakarta. 

KONTENISLAM.COM - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan melakukan penelusuran terhadap ormas-ormas yang diduga berkaitan dengan kelompok terorisme. Hal itu dilakukan BNPT untuk mencari tahu kebenaran terkait informasi tersebut.

"Jadi setiap info akan dilakukan penelusuran atau bahasa investigasi penyelidikan lebih lanjut untuk melihat apakah benar ada pihak-pihak ormas di suatu daerah ada dugaan atau keterkaitan dengan kelompok terorisme," kata Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar usai mensosialisasikan Perpres Terorisme di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2021).
 
Boy menuturkan aparat tidak bisa semena-mena melakukan tindakan tanpa adanya penelusuran. Boy mengatakan segala bentuk penindakan harus sesuai dengan prosedur, harus objektif dan juga transparan.

"Jadi prinsipnya kita nggak bisa mentah-mentah informasi kemudian dilakukan tindakan. Harus proporsional, prosedural, sehingga proses ilmiah berjalan baik, objektif, transparan dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan atau akuntabilitas di dalam tindakan yang dilakukan," tuturnya.
 
Boy menyampaikan dalam prinsip hukum ada yang namanya azas praduga tidak bersalah. Di mana kata Boy, aparat penegak hukum harus mengedepankan prinsip hukum tersebut dalam melakukan berbagai penindakan.

"Semua harus disikapi secara prosedural dan proporsional, semua informasi itu kan selalu didalami, dilihat fakta-faktanya seperti apa. Jadi tentu hal-hal seperti itu bisa ada di mana-mana. Tapi sekali lagi di dalam prinsip azas dalam hukum, kita tetap azas praduga tidak bersalah dilakukan secara prosedural dan proporsional, itu dilakukan aparat penegak hukum kita," ujarnya.[detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close