DKI Jakarta Bangun Jalur Sepeda Permanen 11,2 Kilometer di Jalan Sudirman-Thamrin

DKI Jakarta Bangun Jalur Sepeda Permanen 11,2 Kilometer di Jalan Sudirman-Thamrin 

KONTENISLAM.COM - Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan membuat jalur sepeda permanen di sepanjang jalan Sudirman-M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan, pembangunan jalur khusus sepeda akan berlangsung pada Februari-Maret 2021.

Pembangunan jalur permanen ini bertujuan menjadikan sepeda sebagai alternatif transportasi dalam perjalanan first mile dan last mile.
 
“Jalur sepeda ini untuk menunjang kebijakan transportasi yang berorientasi transit, memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pesepeda di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Dishub DKI dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 5 Februari 2021.

Syafrin memaparkan ruas sepeda permanen ini memiliki panjang 11,2 kilometer dengan lebar 2 meter. Jalur ini akan diberi pagar pelindung sehingga menjamin keamanan pesepeda dari kendaraan bermotor.

“Untuk proteksi jalur sepeda, kami menggunakan pot tanaman (planter box) dengan bentuk seperti rantai yang saling terkait,” ucap dia.

Fasilitas pelengkap yang disediakan, antara lain petunjuk jalan (wayfinding), pijakan kaki di kaki simpang dalam lintasan jalur sepeda, dan rest area berupa bike rack pada trotoar.
 
Jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin ini akan terkoneksi dengan 9 halte bus Transjakarta, 6 stasiun MRT Jakarta, 1 stasiun Kereta Commuter Line, 1 stasiun Kereta Bandara (Railink) dan, 1 stasiun LRT Jabodebek.

“Dalam pembangunan jalur sepeda permanen ini, dilakukan pula pembangunan prasasti sebagai bicyle artwork berisi ornamen yang menjadi landmark Jakarta dan Sepeda, terletak di trotoar atau jalur pejalan kaki,” kata Syafrin.

Pembangunan jalur sepeda permanen adalah bagian dari program Jakarta Ramah Bersepeda. Hal ini diharapkan dapat membentuk Jakarta menjadi kota yang humanis, lestari, dan ramah lingkungan.
 
Sumber: tempo.co

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close