Hati-Hati Hoax BLT dengan Klik Link

Hati-Hati Hoax BLT dengan Klik Link 

KONTENISLAM.COM - Sebuah informasi yang menyebutkan bahwa Menteri Keuangan memperpanjang BLT 2021 dan masyarakat diminta segera mendaftar dengan klik link tertentu beredar di media sosial Facebook. Dari konfirmasi yang dilakukan Kompas.com, informasi tersebut adalah tidak benar.

 Narasi yang beredar
 
Sebuah pesan yang mengatakan bahwa BLT 2021 diperpanjang oleh Menteri Keuangan beredar di media sosial Facebook. Informasi tersebut juga meminta agar masyarakat segera mendaftarkan diri dengan mengklik link tertentu. Salah satu postingan tersebut diunggah oleh akun Facebook Roman Saje. Adapun narasi yang dituliskan:

“ijin tag kawan , ,Info dari mentri keuangan ,Bantuan tunaii langsung di perpanjang , dan sekarang sudah mulai segera di proses , buruan daftarkan nama anda sekarang untuk menerima BLT 2021. bagaimana cara daftar & syarat syarat cara mendapatkannya ?.yuk simak cara daftarnya disini https://tinyurl.com/y4sv4jth … #syaratdan ketentuan berlaku , Di lansir dari site.goog.co”
 
Berdasarkan konfirmasi Kompas.com, informasi yang mengatakan bahwa Menteri keuangan memberikan informasi perpanjangan BLT 2021 dan harus mendaftar melalui link tertentu adalah tidak benar. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rahayu Puspasari mengatakan program BLT Subsidi Upah (BSU) sudah tidak ada. “Di APBN 2021 tidak ada anggaran tersebut,” ujarnya kepada Kompas.com, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Rahayu menjelaskan berdasarkan data, kondisi ekonomi saat ini diklaimnya sudah menunjukkan perbaikan, pertumbuhan ekonomi sudah lebih tinggi, inflasi naik, konsumsi naik dan harapannya dunia usaha juga survive.
 
“Pemerintah kan juga memberikan dukungan untuk subsidi bunga, penempatan dana, dan lain-lain sehingga harapannya usaha mereka bisa berjalan lagi dan membaik, begitu juga karyawannya,” katanya lagi. Adapun untuk pelindungan sosial untuk masyarakat bawah seperti BLT Kartu Sembako, BLT desa saat ini masih ada.

Dari penelusuran Kompas.com, informasi yang mengatakan bahwa Menteri Keuangan memperpanjang BLT 2021 juga dibagikan sejumlah akun namun dengan link pendaftaran yang berbeda-beda. Di antaranya adalah akun Facebook Faisal Angga Penggek, Thee CandyStor Modus informasi bantuan menggunakan link palsu bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya informasi mengenai bantuan Kartu Prakerja atau bantuan pulsa dengan cara klik link palsu juga banya menyebar. [kompas]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close