Tanggapi Said Aqil, BAZNAS Jamin Tak Ada Aliran Dana ke ISIS: 100% Clear - Konten Islam -->

Tanggapi Said Aqil, BAZNAS Jamin Tak Ada Aliran Dana ke ISIS: 100% Clear

Tanggapi Said Aqil, BAZNAS Jamin Tak Ada Aliran Dana ke ISIS: 100% Clear 

KONTENISLAM.COM - Badan Amil Zakat Nasional  (BAZNAS) buka suara soal dugaan aliran dana ke kelompok ISIS. Dugaan itu sempat disinggung oleh Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj saat menerima kunjungan Kapolri Jenderal Listyo Sigit pada Kamis (28/1) di kantornya. 

BAZNAS memastikan tak ada aliran dana ke kelompok yang menyimpang.   

“100 persen BAZNAS clear dari pengaruh ataupun aliran dana menyimpang, apalagi dalam kepemimpinan sekarang ini, kita memastikan bahwa BAZNAS adalah lembaga pemerintah jadi kami tanggung jawab 100 persen untuk kepemimpinan saya. Saya jamin tidak akan ada penyimpangan dana,” tegas Ketua BAZNAS Prof Dr Noor Achmad saat dikonfirmasi kumparan, Jumat (29/1).  

Ia menambahkan, BAZNAS telah memeriksa dugaan beberapa kotak-kotak amal yang disebar oleh Lembaga Amil Zakat Abdurahman bin Auf (LAZ ABA) pada Desember 2020 yang mengalir ke ISIS.  
BAZNAS juga telah melakukan penelusuran melalui surel dan kontak telepon. Selain itu, LAZ ABA juga tak terdaftar di BAZNAS.  

“Tak ada respons. Oleh karena itu semua kotak yang terkait dengan ABA ditutup dan disita sehingga urusan dengan ABA sudah selesai. Oleh karena itu yang kita minta supaya polisi menelusuri ABA keberadaan seperti apa dan di mana sekarang ini,” ujar Achmad.  

Achmad yang ikut pertemuan Said Aqil dengan Kapolri menilai, permintaan Said Aqil untuk menyelidiki aliran dana BAZNAS ke ISIS hanyalah candaan saja. Ia juga menegaskan tak ada permintaan khusus kepada Kapolri.  

“Bahwa itu kemarin yang disampaikan Pak Kiai (Said Aqil) itu dengan nada guyonan, jadi artinya yang disampaikan Pak Kiai itu tidak sungguh-sungguh. Saya mengikuti acara dari awal sampai akhir, di sana itu nggak ada ada permintaan khusus permintaan itu,” tegasnya.  

Dalam kesempatan itu, lanjut Achmad, Said Aqil memperkenalkan dirinya sebagai Ketua BAZNAS yang baru kepada Kapolri. Kemudian muncullah kelakar tersebut yang dinilai sebagai sentilan terkait LAZ ABA.

“Sempat [ngobrol]. Jadi beliau (Said Aqil) memperkenalkan saya ini sebagai Ketua BAZNAS  yang baru. Terus ada jokes itu , jadi sebenarnya jokes saja,” ujar Achmad.  

Ketum PBNU Said Aqil Siroj menerima kunjungan Kapolri Jenderal Listyo Sigit di kantor PBNU pada Kamis (28/1).  

Dalam kesempatan itu, Said meminta Sigit mendalami aliran dana BAZNAS kemungkinan mengalir ke ISIS.  

Hal itu bukan tanpa dasar. Sebab, Densus 88 sempat menemukan kotak amal yang disertifikasi BAZNAS milik Jamaah Islamiyah (JI) untuk mendanai aksi terornya.  

“Belum lagi aliran dana itu dari BAZNAS ngalirnya ke mana. Silakan bapak lihat ngalirnya ke mana itu,” kata Said saat bertemu Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (28/1). [kumparan]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close