Tokoh Syiah Indonesia Jalaluddin Rakhmat Meninggal Dunia - Konten Islam -->

Tokoh Syiah Indonesia Jalaluddin Rakhmat Meninggal Dunia

KONTENISLAM.COM - Jalaluddin Rakhmat alias Kang Jalal meninggal dunia pada usia ke-72 tahun.

Jalaluddin Rakhmat menghembuskan nafas terakhir di ICU Rumah Sakit Santosa Internasional, Bandung, Senin (15/2/2021), sekitar pukul 15.45 WIB.

Sutrasno, selaku Ikatan Jemaat Ahlul Bait Indonesia (IJABI) Jawa Barat mengkonfirmasi kabar duka tersebut.

"Mohon doanya Maha Guru dilapangkan jalannya," ujar Sutrasno melalui sambungan telepon, seperti dilansir Liputan6.

Jalaludin Rakhmat (lahir di Bandung, 29 Agustus 1949 – meninggal di Bandung, 15 Februari 2021 pada umur 71 tahun) dikenal sebagai cendekiawan dan politisi dari PDIP. 

Setelah lama menjadi dosen di Universitas Padjadjaran, pada tahun 2014 dia terpilih menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Dapil Jabar melalui PDIP. Di DPR dia menjadi anggota Komisi VIII (agama dan sosial).

Biografi

Jalaludin Rakhmat mendapatkan gelar master komunikasi dari Iowa State University dan doktor ilmu politik dari Australian National University. 

Sejak tahun 1978 dia bergabung dengan Universitas Padjadjaran sebagai staf pengajar. 

Setelah pensiun sebagai dosen, pada tahun 2013 dia memutuskan terjun ke dunia politik dan bergabung dengan PDIP. Dia memilih partai tersebut karena menurutnya hanya PDIP yang membela kaum minoritas.

Dikutip dari Wikipedia, Jalaludin muda dibesarkan di kalangan Nahdatul Ulama, dan kemudian aktif di gerakan Muhammadiyah. Pada saat ini dia lebih dikenal sebagai tokoh Syiah di Indonesia. Dia ikut membidani salah satu organisasi Syiah di Indonesia, yaitu Jamaah Ahlulbait Indonesia (Ijabi) pada awal Juli 2000.

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close