Turunkan Soeharto, Cak Nun: Saya Juga Yang Bikin Gus Dur Jadi Presiden - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Turunkan Soeharto, Cak Nun: Saya Juga Yang Bikin Gus Dur Jadi Presiden

KONTENISLAM.COM - Budayawan sekaligus cendekiawan Islam, Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun kembali berkisah mengenai turunnya Soeharto dari singgasana kepresidenan. Cak Nun mengklaim, presiden kedua tersebut lengser setelah dia memaksanya turun.

Disitat dari video berjudul ‘Jangan Coba-coba Menyuruh Saya ke Istana Lagi!’ di saluran Youtube Ayo Berbagi Ilmu, Cak Nun mengaku terpaksa menurunkan Soeharto lantaran kondisi negara yang sudah tidak stabil.

Menariknya, Cak Nun mengklaim, turut berperan dalam pengangkatan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sebagai pengganti Soeharto di kursi kepresidenan. Lantas, benarkah demikian?

“Saya tidak punya wewenang dan saya tidak mau, sebelum Allah memaksa saya. Sebagai mana Soeharto dulu saya dipaksa untuk menurunkan, kemudian Gus Dur saya naikkan (jadi presiden),” ujar Cak Nun, dikutip Senin 22 Februari 2021.

Bukan hanya itu, Cak Nun menyebut, saat Gus Dur diturunkan paksa dari jabatannya, dia yang pertama menampung dan membawanya keluar dari istana. Namun, sayangnya, tak banyak yang mengetahui hal tersebut.

“Kemudian Gus Dur dipecat dan saya yang menampungnya—saya yang membawa dia keluar dari istana,” tegasnya.

Setelah Soeharto, Cak Nun berniat turunkan Jokowi?

Berkaca dari apa yang terjadi sebelumnya, dia meminta publik dan pemerintah tidak menyuruhnya datang ke istana. Sebab, setiap kali ke istana, pasti ada presiden atau pemimpin negara yang diturunkan dari jabatannya.

“Makanya jangan nyuruh-nyuruh saya ke istana lagi. Sebab, saya ke istana hanya dua kali, dan kedua-duanya untuk menurunkan presiden.”

“Kalau saya disuruh ke sana (istana) saat ini, tandanya saya disuruh menurunkan Jokowi dari jabatannya. Aku enggak mau, aku udah paham,” tegasnya.

Kendati demikian, sebelumnya dia mengaku, seandainya negara sudah gawat, besar kemungkinan dia kembali mengambil langkah serupa, yakni menurunkan presiden yang saat ini sedang menjabat.

“Saya ini sebenernya tidak percaya dengan Indonesia, tapi Anda jangan marah. Saya yang bikin turun Pak Harto. Saya yang ngomongin Pak Harto secara pribadi, dan saya ingin melakukan itu lagi pada suatu hari. Kalau negara sudah darurat, saya akan turunkan (presiden) lagi,” kata dia.[hops]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close