Waspadai WhatsApp, Ini Ciri WhatsApp Disadap dan Cara Mengatasinya - Konten Islam -->

Waspadai WhatsApp, Ini Ciri WhatsApp Disadap dan Cara Mengatasinya

Waspadai WhatsApp, Ini Ciri WhatsApp Disadap dan Cara Mengatasinya 

KONTENISLAM.COM - WhatsApp masih menjadi aplikasi bertukar pesan yang paling banyak digunakan penduduk dunia. Ini yang menjadi alasan banyak pelaku kejahatan ingin menyadap WhatsApp.

Akun WhatsApp disadap berarti pelaku kejahatan bisa mendengar dan membaca percakapan di dalam aplikasi. Mereka juga bisa melihat nomor kontak hingga melakukan aktivitas yang tidak dilakukan pengguna.

Untuk itu perlu mengetahui ciri-ciri akun WhatsApp yang disadap agar bisa dilakukan tindakan cepat. Berikut tanda-tandanya:

1. Keluar dari akun WhatsApp dengan sendirinya

WhatsApp tak bisa digunakan di dua ponsel secara bersamaan. Jadi ketika nomor WhatsApp digunakan diperangkat lain akan muncul kode OTP ke nomor ponsel yang terdaftar. Jika pengguna tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari aplikasi WhatsApp dengan sendirinya ada kemungkinan aktor jahat mau mengambilalih akun WhatsApp kamu.
 
2. Pesan telah terbaca

Anda merasa belum membaca pesan tetapi dipesan itu ada dua centang biru tanda sudah terbaca, akun WhatsApp kemungkinan telah dibajak. Jika tanda ini tak diaktifkan, maka pengguna tak bisa melihat apakah pesan sudah terbaca atau belum.

3. Mengirim pesan yang tidak dikirim pengguna

Jika ada pesan yang dikirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan kita, bisa jadi akun WhatsApp Anda telah disadap dan dibajak.

4. Online padahal offline      
 
Jika akun pengguna tampak online di aplikasi WhatsApp orang lain, tapi kita tidak sedang membuka aplikasi WhatsApp di ponsel ataupun WhatsApp web, itu juga ciri lain WhatsApp disadap.

Cara Agar WhatsApp Tidak Disadap

Agar Akun WhatsApp tak bisa dibajak kamu harus aktifkan sejumlah fitur di aplikasi berbagi pesan ini. Berikut fiturnya:

1. Aktifkan Verifikasi Dua Faktor

Virifikasi dua faktor adalah fitur yang mewajibkan pengguna WhatsApp memasukkan enam nomor digit untuk membuka akun WhatsApp. Ini berbeda dengan One Time Password (OTP) yang dikirimkan via SMS, PIN ini kamu harus ingat.
 
“Verifikasi dua faktor adalah fitur opsional yang menambahkan PIN pada akun kamu, yang membuat super duper aman,” ungkap WhatsApp melalui akun Twitternya.

Caranya: Klik tiga titik yang ada di kanan atas > Setting > Account > Two Step Verification > Enable.

2. Aktifkan Pindai Sidik Jari (fingerprint lock)

Fitur ini mewajibkan pengguna untuk memindai sidik jari setiap kali akan membuka akun WhatsApp. Aktor jahat tak bisa menyadap akun jika tak punya sidik jari kamu.

Cara: Klik tiga titik yang ada di kanan atas > Setting > Account > Privacy > fingerprintlock.

3. Keluar dari Perangkat yang Tak Dikenal
 
Salah satu cara sadap WhatsApp adalah melalui WhatsApp Web. Beberapa pengguna sering membuka WhatsApp Web diperangkat bukan miliknya kemudian lupa log-out atau keluar. Cara mencari tahu apakah WhatsApp Web terbuka diperangkat tidak dikenal bisa dilakukan dengan cara ini:

Android:

* Pada tab Chat, ketuk menu pada titik tiga di kanan atas.

* Pilih WhatsApp Web

* Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tidak dikenal, pilih keluar (log out) dari perangkat atau pilih keluar dari semua perangkat.

iOS:

* Pilh Seting atau Pengaturan di kanan bawah

* Pilih WhatsApp Web/ Desktop

* Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tak dikenal geser kanan dan pilih log out atau pilih keluara dari seluruh perangkat.

[cnbcindonesia]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close