Cara Cek Bantuan Kuota Gratis Kemendikbud 2021 Semua Operator

Bantuan tahap pertama kuota internet gratis telah disalurkan kepada masyarkat untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Operator seluler mengimbau agar penerima subsidi kuota tersebut langsung memanfaatkannya. 

KONTENISLAM.COM - Bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2021 sudah disalurkan. Untuk mengecek kuota gratis di tiap operator seluler, detikINET telah merangkum langkah-langkahnya.

Sebagai informasi, bantuan kuota Kemendikbud 2021 ini akan diberikan kepada pelajar, guru, mahasiswa hingga dosen tiap tanggal 11-15 setiap bulannya. Subsidi untuk menunjang kebutuhan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) alias belajar online ini berlaku selama tiga bulan, dari Maret-Mei 2021.

Di bantuan kuota gratis jilid II ini untuk PAUD akan mendapatkan kuota 7GB dan untuk Siswa memperoleh kuota 10GB. Sementara untuk Guru kuota yang akan diberikan adalah 12GB, serta kuota 15GB untuk jenjang Mahasiswa dan Dosen.
 
Berikut ini cara mengecek kuota bantuan Kemendikbud 2021 dari semua operator:
1. Cek kuota bantuan Indosat Ooredoo

Menurut laman resmi Indosat Ooredoo, pengguna IM3 Ooredoo dapat mengetahui status dan cek kuota-nya melalui *123*075# atau aplikasi myIM3. Cara lain mengecek kuota bantuan bisa melalui akun Official Whatsapp IM3 Ooredoo di bit.ly/im3whatsapp, atau mengunjungi im3ooredoo.com/bantuankuotainternet.

Kuota dapat digunakan selama 24 jam untuk mengakses internet untuk lebih dari 300 portal pendidikan dan platform yakni Zoom, Microsoft Teams, Google Classroom, Sekolahmu, Ruangguru, dan Zenius.

2. Cek kuota bantuan Telkomsel

Untuk Telkomsel, kuota bantuan Kemendikbud 2021 ini semuanya masuk kuota umum. Pengguna Simpati, kartu AS, Loop, dan By.U yang sudah terdaftar di Dapodik bakal akan menerima SMS pemberitahuan yang dikirim Telkomsel. Cara mengecek kuota pelanggan dapat mengakses menu dial *363#, *888# atau melalui aplikasi MyTelkomsel.

Kuota bisa dimanfaatkan untuk mengakses berbagai situs yang diperlukan dalam belaja online, kecuali mengakses Twitter, Instagram, Facebook, dan TikTok.

3. Cek kuota bantuan Smartfren

Sama seperti yang lain, jika kamu termasuk penerima bantuan kuota Kemendikbud, kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan lewat SMS. Untuk cek kuota internet bagi pengguna Smartfren bisa pula dengan cara mengetik *123# atau *995# pada panggilan telepon.
 
4. Cek kuota bantuan XL dan Axis

Penerima bantuan kuota Kemendikbud akan mendapatkan notifikasi melalui SMS. Selain itu, pengguna bisa mengecek sendiri kuota bantuan melalui aplikasi myXL, AXISnet atau myXLprio. Cara lainnya, bisa dengan menekan *123*7*1*6*3#.

5. Cek kuota bantuan Tri

Bakal ada SMS notifikasi pada pengguna yang mendapatkan bantua kuota Kemendikbud 2021. Pengguna Tri bisa mengecek bantuan kuota internet melalui nomor *123*10*3#. Pengecekan dapat juga dilakukan melalui aplikasi Bima+ yang nantinya akan muncul informasi di kolom 'kuota aplikasi dan edukasi'.

[detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close