Dukung Program Pemberdayaan Pertanian/Peternakan, Mabes Polri Gandeng Korp Relawan Mujahidin - Konten Islam -->

Dukung Program Pemberdayaan Pertanian/Peternakan, Mabes Polri Gandeng Korp Relawan Mujahidin


KONTENISLAM.COM - Mabes Polri salurkan bantuan pembuatan kandang ternak dan beberapa ekor domba, puluhan karung pupuk dan ribuan benih ikan kepada Korp Relawan Mujahidin (KRM) Pusat di Jalan Rajapolah KM 1 Kampung Jati Manggungsari, Desa Sukaraja, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Senin, 15 Maret 2021.

 

Kegiatan tersebut dalam rangka menyukseskan program Pemerintah Pusat dalam memberdayakan Sektor Pertanian dan Peternakan dan program Provinsi Jabar menciptakan lima ribu petani milenial.


Selain menyalurkan bantuan untuk pengembangan pertanian, peternakan dan budidaya perikanan, Mabes Polri juga melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap para anggota KRM. Tim Mabes Polri Dipimpin oleh AKBP Sindhu Brahmarya SIK beserta staf.


Program pembinaan ini dilakukan guna menciptakan juga pemberdayaan para pemuda serta santri untuk terjun menjadi petani yang maju dan melek teknologi. Sehingga anggota KRM bisa lebih bersaing dalam perekonomian global.


Selain tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan para santri, pemuda di daerah lebih produktif dan kreatif. Khususnya di bidang pertanian dan Peternakan.


Pendiri sekaligus Ketua Dewan Pembina Korp Relawan Mujahidin (KRM) Pusat KH Oni Gustam Effendi mengatakan, bahwa KRM telah berbadan hukum sejak 2017.


Memang jauh sebelumnya aktif dan bergerak di relawan kemanusiaan dengan nama Majelis Mujahidin. Pihaknya mengajak para anggota KRM untuk lebih berdaya dan inovatif.


KRM menyambut baik dan mendukung kedatangan dari Mabes Polri untuk merekatkan silaturahmi dan mendukung program pemerintah.


"Terlebih pihak kami saat ini membutuhkan pendampingan, bimbingan dan pengarahan. Maaf saja dikarenakan imej di masyarakat bahwa tadinya kami adalah Majelis Mujahidin, dianggap oleh masyarakat seram dan menakutkan, sementara kami sudah beralih menjadi KRM dan bergerak di bidang sosial, pertanian dan perdagangan," katanya.


Pihaknya juga berharap dengan adanya kunjungan dari Mabes Polri ini, kata KH Oni, Bimbingan terhadap orang daerah dalam pemberdayaan ekonomi. Sehingga di tahap awal ini bisa meningkatkan taraf hidup para anggota KRM dalam upaya menciptakan 250 petani pemuda milenial.


"Hidup bisa lebih bermanfaat untuk dirinya, kelurganya dan masyarakat serta mencegah pelibatan anggota KRM dalam aktivitas yang negatif, hal ini juga membantu mensukseskan program pemerintah," ujarnya.


Kata KH. Oni, Komunikasi dengan pemerintah khususnya dengan pihak Polri tidak boleh terputus. Relawan mujahidin ini sifatnya nasional. Pembinaanya ada lewat pengajian, sosial kemasyarakatan, pertanian, peternakan.


"Menyangkut program KRM, Kita menggarap peternakan, kita garap pertanian, perikanan dan perdagangan. Salah satunya kita sudah memiliki lahan garapan kebun kopi bahkan sudah produksi dan memiliki label sendiri. Kami tidak alergi bahkan siap bekerjasama dengan pemerintah," katanya.


Harapan kedepan, lanjut KH Oni, pihaknya akan terus berupaya untuk mengajak KRM dalam menciptakan peningkatan ekonomi para santri dan masyarakat untuk saling mengayomi.


"Kedengarannya dikarenakan kami adalah Laskar Mujahidin seolah masyarakat alergi dan menilai bahwa kami seram. Untuk itu salah satunya yang bisa mencairkan bahwa kami saat ini bergerak sebagai relawan kemanusiaan dan mendorong program petani milenial, yaitu pihak Polri. Tidak ada lagi anggota KRM rusuh, melakukan demo ataupun perbuatan melanggar hukum. Tapi sekarang KRM bawa cangkul, bawa ikan, bawa ternak dan bawa produk hasil olahan," katanya.


Bahkan, kata KH Oni, dalam waktu dekat ini pelatihan pertanian akan di gelar di markas KRM di Rajapolah. Rencananya akan dikunjungi oleh Kementan RI.


Berharap warung serba ada yang didirikan KRM untuk menampung hasil produksi anggotanya, bisa diresmikan oleh Kementan.


Dikatakannya, saat ini anggota KRM untuk wilayah Tasikmalaya ada sebanyak 300 orang. Selain itu, anggota KRM juga tersebar di beberapa daerah di Garut, Purwakarta, Majalengka, Ciamis, Cirebon, Subang, Pangandaran, Sukabumi dan Cianjur.***[pikiran-rakyat]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close