HRS Tawarkan Bantuan Atasi Kerumunan Jika Sidang Offline, Hakim Menolak

HRS Tawarkan Bantuan Atasi Kerumunan Jika Sidang Offline, Hakim Menolak 

KONTENISLAM.COM - Habib Rizieq Shihab (HRS) tetap meminta hadir secara langsung dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim). Dia mengatakan siap membantu mengatasi jika ada kerumunan.

"Kalau alasannya ada kerumunan massa yang begitu banyak, saya siap untuk bantu majelis hakim," ujar Habib Rizieq seperti dilihat dalam live streaming sidang yang disiarkan YouTube PN Jaktim, Jumat (19/3/2021).

Permintaan Habib Rizieq itu ditolak mentah-mentah oleh majelis hakim. Menurut hakim, sidang tetap digelar secara daring demi mencegah penyebaran virus Corona.

"Tidak bisa Habib mohon maaf, tidak bisa. Ada perintah undang-undang yang harus kita penuhi. Itu tidak bisa, ini kan tidak mengurangi nilai persidangan ini," ucapnya.

Hakim mengatakan sidang ini digelar untuk menguji dakwaan jaksa. Menurut hakim, persidangan digelar demi mengetahui apakah Habib Rizieq bersalah atau tidak.

"Kita di sini hanya melihat bukti-bukti," ujar majelis hakim.

"Sekali lagi saya sampaikan, saya tidak ridho sidang secara online," ujar Habib Rizieq.

Sebelumnya, sidang Habib Rizieq telah digelar pada Selasa (16/3) lalu. Namun, majelis hakim memutuskan menunda sidang pembacaan dakwaan terhadap Habib Rizieq Shihab. Sebab, proses persidangan yang berlangsung virtual menuai protes dari tim kuasa hukum Habib Rizieq.

Awalnya Habib Rizieq melancarkan protes karena tidak dihadirkan langsung ke ruang sidang. Hakim lantas menskors sidang untuk memperbaiki kualitas audio.

Setelah itu, sidang dilanjutkan, tetapi protes masih disampaikan tim pengacara Habib Rizieq. Jaksa sempat ingin membacakan dakwaan lebih dulu. Pengacara Habib Rizieq lagi-lagi memprotes. Hakim pun memutuskan menunda persidangan.

"Sidang ditunda. Habib tetap di dalam tahanan, dan akan dibuka kembali pada Jumat, 19 Maret, jam 09.00," ujar ketua majelis hakim Suparman Nyompa dalam persidangan, Selasa (16/3).

Habib Rizieq Shihab kembali menyampaikan penolakan untuk mengikuti sidang virtual saat hendak dibawa dari rutan pada Jumat (19/3). Habib Rizieq mempertanyakan mengapa dirinya dipaksa ikut sidang virtual.

"Kan saya tolak sidang online. Kok saya dipaksa begini?" ujar Habib Rizieq.

Pihak jaksa kemudian membawa paksa Habib Rizieq. Saat dibawa ke ruangan untuk sidang virtual, tangan Habib Rizieq terlihat dipegangi oleh seseorang.(detik)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close