Kulit Pria Ini Terkelupas dan Muncul Ruam Merah Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

Kulit Pria Ini Terkelupas dan Muncul Ruam Merah Setelah Disuntik Vaksin Covid-19 

KONTENISLAM.COM - Seorang pria berusia 74 tahun dirawat di rumah sakit setelah menerima suntikan vaksin covid-19, karena mengalami ruam di seluruh tubuh yang sangat langka.

Pria yang bernama Richard Terrell menerima vaksin satu dosis Johnson & Johnson pada 6 Maret dan mulai menderita gejala setelah empat hari kemudian.

OAP dari Ashland, Virginia mengatakan kepada WRIC bahwa dia pertama kali merasakan 'ketidaknyamanan' di ketiaknya tetapi ruam gatal dengan cepat menyebar, membuat kulitnya menjadi merah cerah dan menyebabkan pembengkakan.

“Semuanya terjadi begitu cepat. Kulitku terkelupas. Itu masih lepas di tangan saya sekarang," kata pria itu, dikutip dari Daily Star.

"Saya mulai merasakan sedikit ketidaknyamanan di ketiak saya dan beberapa hari kemudian saya mulai mengalami ruam gatal, dan setelah itu, saya mulai membengkak dan kulit saya menjadi merah," katanya lagi.

Terrell mengunjungi dokter kulit untuk konsultasi ketika reaksinya semakin memburuk dan dia dikirim ke UGD pada 19 Maret.

Dia mengatakan bahwa perih dan gatal lebih buruk di lengan dan kakinya.

Pria itu menghabiskan lima hari di VDU Medical Center sebelum dikirim pulang untuk beristirahat dan memulihkan diri.

Terrell mengklaim dirinya masih sangat lemah tetapi tetap bersyukur telah menerima vaksin tersebut.

Dokter yang merawat Terrell telah memastikan bahwa ruam tersebut disebabkan oleh reaksi obat.

Spesialis dermatologi, untuk Kesehatan Universitas Virginia Commonwealth, Dr Fnu Nutan mengatakan mereka mengesampingkan infeksi virus apa pun, termasuk Covid-19 sebagai penyebab potensial.

"Kami memastikan bahwa ginjal dan hatinya baik-baik saja, dan akhirnya kami sampai pada kesimpulan bahwa penyebabnya adalah vaksin yang dia terima," Dr Nutan menambahkan.

Dr Nutan memperingatkan bahwa hal itu bisa mengancam jiwa jika tidak ditangani, tetapi menegaskan bahwa reaksi seperti ini jarang terjadi.

Dokter telah mendesak orang-orang untuk tidak menggunakan tanggapan langka tersebut sebagai alasan untuk tidak mendapatkan vaksin karena dia telah melihat gejala yang lebih buruk dari Covid-19.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) mengatakan bahwa vaksin Johnson & Johnson 85 persen efektif mencegah penyakit parah dan 66 persen melindungi secara keseluruhan terhadap kasus-kasus sedang.

Menurut laporan dari lembaga yang dirilis pada akhir Februari, vaksin tersebut memiliki efek samping yang lebih ringan daripada vaksin Pfizer dan Moderna. (*indozone)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close