Misteri Hilangnya Jack Ma Akhirnya Terkuak dari Catatan Penerbangan

Jack Ma menghilang dari pandangan publik. Sebelumnya pemilik Alibaba dan Ant Group itu mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai pada Oktober 2020. 

KONTENISLAM.COM - Dari bulan Oktober 2020 sampai Januari 2021 atau sekitar 3 bulan, Jack Ma menghilang setelah mengkritik sistem keuangan China sudah usang. Makin tersibak apa kegiatannya dalam waktu-waktu tersebut dan di mana saja dia berada.

Jack Ma muncul pada pertengahan Januari silam saat berbicara secara online pada para guru teladan di China. Meskipun tidak diketahui di mana lokasinya, dia tampaknya dalam keadaan bebas dan tidak pernah ditahan oleh pemerintah China seperti spekulasi yang sempat beredar.

Media Financial Times yang dikutip detikINET, Senin (15/3/2021), berhasil mendapatkan catatan penerbangan sang pemilik Alibaba dan terungkap dia bebas pergi ke mana-mana dengan pesawat pribadinya yang bermerek Gulfstream.
 
Terungkap dalam catatan pada bulan Januari dan Februari, Jack Ma banyak bepergian di dalam negeri China, terutama ke Beijing dan Pulau Hainan, tempat dia bermain golf. Dia terbang sekitar sekali seminggu.

Namun frekuensi penerbangan Jack Ma memang turun cukup drastis dari sebelumnya. Sebelum bulan Oktober, dia bisa terbang tiga kali dalam seminggu karena sibuk menghadiri berbagai acara.

Pada bulan Januari, pesawatnya terdeteksi berada di Beijing. Kemungkinan ia datang ke ibukota China itu untuk bernegosiasi langsung dengan regulator terkait nasib perusahaan fintech-nya, Ant Financial.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Jack Ma masih bisa melakukan aktivitasnya tanpa halangan. Laporan lain sebelumnya menyebutkan dia sering berkomunikasi dengan bos Softbank, Masayoshi Son yang merupakan sobat karib sekaligus investor Alibaba.
 
Son belum lama ini menyebut dia sering bertukar gambar dengan Jack Ma saat dia menghilang. "Tapi kami tidak selalu berbicara tentang bisnis. Jack Ma suka menggambar dan telah mengirim saya beberapa gambar," sebut Son tentang pembicaraan mereka, seperti dikutip detikINET dari CNN.

Son pun membalas Jack Ma dengan mengirim gambar yang ia buat, terkadang ia sampai menyempatkan diri menggambarnya sebelum tidur. "Sekitar setengah jam, sebelum saya tidur, saya menggambar beberapa dan menunjukkannya pada dia," kata Son lagi.[detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close