Pabrik-pabrik China di Myanmar Dijarah dan Dibakar, Pekerja Luka-luka - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Pabrik-pabrik China di Myanmar Dijarah dan Dibakar, Pekerja Luka-luka

Pabrik-pabrik China di Myanmar Dijarah dan Dibakar, Pekerja Luka-luka 

KONTENISLAM.COM - Kedutaan Besar China di Myanmar mengatakan banyak karyawan asal China yang terluka dan terperangkap ketika pabrik-pabrik China di distrik Hlaing Tharyar di Yangon dijarah dan dihancurkan pada Minggu (13/3) waktu setempat.

Seperti dilansir Reuters, Senin (15/3/2021), Kedubes China meminta pihak keamanan Myanmar mengamankan situasi segera. Dalam pernyataan Kedubes China di Facebook, situasi pasca penyerangan pabrik-pabrik "sangat parah" dan warga China yang berada di Myanmar juga telah mendapatkan peringatan.

"Beberapa pabrik bisnis China dijarah dan dihancurkan dan banyak staf China terluka dan terperangkap," katanya, tanpa memberikan keterangan lebih rinci.

Myanmar Now mengutip pernyataan penduduk yang mengatakan tiga pabrik dibakar di Hlaing Tharyar. Tidak jelas apakah itu termasuk dua pabrik garmen yang dibiayai China, yang menurut berita pemerintah China CGTN, dibakar.

Kedubes China di Myanmar meminta bantuan dari pemerintah Myanmar untuk menghentikan kekerasan tersebut.

"China mendesak Myanmar untuk mengambil langkah efektif lebih lanjut untuk menghentikan semua tindakan kekerasan, menghukum para pelaku sesuai dengan hukum dan menjamin keselamatan jiwa dan properti perusahaan dan personel China di Myanmar," kata Kedubes China dalam pernyataannya.

Dikatakan bahwa para pelaku penyerangan belum diidentifikasi.

Para demonstran antikudeta telah mengkritik pemerintah China karena tidak bersikap lebih keras terhadap pengambilalihan militer seperti yang telah dilakukan negara-negara Barat. Saat itu, China mengatakan bahwa prioritasnya adalah stabilitas, sedangkan kudeta adalah urusan dalam negeri Myanmar.

Junta militer Myanmar telah mengumumkan keadaan darurat di kawasan Hlaing dan Shwepyitha di Yangon, setelah China mengatakan perusahaan-perusahaan yang didanainya menjadi target penyerangan para demonstran antikudeta. Para demonstran meyakini China telah mendukung militer Myanmar.

Beijing mengatakan orang-orang bersenjatakan tongkat besi, kapak, dan bensin telah membakar dan merusak 10 perusahaan asal China - kebanyakan pabrik pakaian atau gudang - di Yangon. Sebuah hotel China juga menjadi target penyerangan.[detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close