Pilpres 2024: Duel Anies VS Prabowo - Konten Islam -->

Pilpres 2024: Duel Anies VS Prabowo

Pilpres 2024: Duel Anies VS Prabowo 

KONTENISLAM.COM - Pilpres 2024 diprediksi akan terjadi duel Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan versus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Disebut Anies punya basis pendukung yang jelas karena dianggap perwakilan umat Islam. Juga berpeluang mendapat simpati dari para mantan pemilih Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 yang kecewa.

"Pilpres 2024 nanti kemungkinan besar akan berhadapan antara Anies dengan Prabowo," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari di Jakarta, Senin (22/3/2021).

Pernyataan Qodari menanggapi survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) mengenai Pilpres 2024 yang menjadikan anak muda sebagai responden.

Hasil survei IPI memang memposisikan Anies sebagai capres pilihan tertinggi. Lalu Prabowo duduk di urutan kelima.

Qodari menjabarkan ramalannya didasari gagasan bahwa Prabowo pasti akan berkompetisi di Pilpres 2024 lantaran Partai Gerindra punya keterwakilan yang tinggi di DPR RI. Menurutnya, Gerindra hanya perlu dukungan satu partai menengah guna memenuhi Presidential Threshold.

"Kemungkinan besar koalisinya nanti itu koalisi yang terdiri dari Gerindra, PDIP, kemudian PKB, dan barangkali ada kemungkinan PAN," ucap Qodari.

PKS dan Golkar

Disisi lain, Qodari menduga Anies bakal meraih dukungan dari PKS, Golkar, NasDem dan partai lainnya. Anies, lanjut Qodari berpeluang besar mempertahankan popularitasnya hingga jelang Pilpres.

"Anies saya kira surveinya yang paling potensial bertahan sampai dengan masa pendaftaran (Pilpres, red) pada Agustus 2023," sebut Qodari.

Qodari meyakini Anies punya basis pendukung yang jelas karena dianggap perwakilan umat Islam. Kemudian, Anies berpeluang mendapat simpati dari para mantan pemilih Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 yang kecewa.

"Anies di Pilkada DKI Jakarta itu di-frame atau dicitrakan sebagai calonnya umat Islam. Pada waktu itu berhadapan dengan Ahok dan isu-isu yang membuat menang Anies pada saat itu tidak bisa lepas dari masalah penistaan agama dari Gerakan 411 dan 212," ujat Qodari.

Momentum Politik

Disisi lain, beberapa hari lalu, Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menempatkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai Calon Presiden (Capres) terkuat. Adapun posisi Anies yang menduduki peringkat pertama dengan persentase 15,2% mengalahkan figur seperti Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Bahkan, Anies mengalahkan dua kontestan Pilpres 2019 yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menganggap, elektabilitas Anies masih belum stabil, meski saat ini berada di puncak papan survei.

"Tergantung Anies apa bisa mempertahankan pamor elektabilitasnya, pasca tak jadi gubernur 2022 nanti," ujarnya di Jakarta, Senin (22/3/2021).

Menurut Adi, salah satunya dengan menciptakan momentum politik untuk tetap berada di orbit perbincangan Capres 2024. Ini tak mudah bagi Anies karena mulai 2022 akan jadi pasar terbuka bagi semua kandidat lain yang bergairah maju.

"Calon yang Bisa dari kalangan menteri dan pastinya calon dari ketum parpol," kata Analis Politik asal UIN Jakarta itu.

Di sisi lain, Adi melihat, nama-nama yang muncul di survei itu mesti kerja ekstra terutama untuk mendapatkan dukungan partai politik. Adi menegaskan, tak ada guna elektabilitas yang dimiliki Anies, Ganjar, dan Ridwan Kamil jika tak bisa yakinkan ada parpol yang siap untuk mengusung.

Apalagi, sambung Adi, pada saat bersamaan, banyak muncul Ketum Parpol yang 99 persen bakal maju Pilpres 2024 untuk mengamankan suara pileg. Misalnya Prabowo, Airlangga, Agus Harimurti Yudhoyono, Muhaimin Iskandar yang terang diusung kader internal partai untuk maju.

Begitupun dengan PDIP yang belum tentu mengusung Ganjar karena saat bersamaan ada kader partai yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani yang juga diproyeksikan maju.

"Jadi peta 2024 sebenarnya rumit. Tak semudah membaca temuan berbagai survei. Karena bisa jadi nama capres versi survei itu hanya angin surga tak sulit dapat dukungan parpol yang secara riil sangat menentukan," pungkasnya.

https://harianterbit.com/nasional/read/130424/Pilpres-2024-Duel-Anies-VS-Prabowo


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close