Polri: Sidang Rizieq Shihab Dilaksanakan Secara Virtual dari Rutan Bareskrim Polri - Konten Islam -->

Polri: Sidang Rizieq Shihab Dilaksanakan Secara Virtual dari Rutan Bareskrim Polri

Polri: Sidang Rizieq Shihab Dilaksanakan Secara Virtual dari Rutan Bareskrim Polri 

KONTENISLAM.COM - Polri memastikan sidang perdana terdakwa kasus perkara pelanggaran protokol kesehatan Muhammad Rizieq Shihab (MRS) alias Habib Rizieq dilaksanakan secara virtual.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyatakan pihaknya tetap melakukan pengamanan meskipun sidang digelar secara virtual. Setidaknya ada 658 personel yang diturunkan Polri.

"Sidang dilaksanakan di PN Jakarta Timur, sidang dilakukan secara virtual walau demikian Polri siapkan kekuatan pasukan untuk pengamanan di PN Jakarta Timur ada sekitar 658 personel yang akan amankan kegiatan sidang MRS yang akan dimulai besok," kata Brigjen Rusdi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/3/2021).

Rusdi juga menyatakan Polri memberikan imbauan kepada masyarakat ataupun simpatisan Habib Rizieq untuk tidak datang ke PN Jakarta Timur. Sebab, sidang akan dilaksanakan secara virtual.

"Artinya MRS tetap berada di Bareskrim Polri untuk laksanakan sidang tersebut. Lebih baik siapapun yang akan mengikuti sidang itu laksanakan sesuai ketentuan yang berlaku karena sidang virtual. Jadi masyarakat agar mengikuti itu. MRS tetap ada di Bareskrim Polri. Kegiatan di PN Jaktim," tukasnya.

Sebelumnya, Terdakwa kasus perkara pelanggaran protokol kesehatan Muhammad Rizieq Shihab (MRS) alias Habib Rizieq mengungkapkan, bersedia untuk menjalani sidang pokok perkara apabila dirinya dihadirkan di ruang sidang bukan melalui virtual.

Hal tersebut disampaikan oleh tim Kuasa Hukumnya Alamsyah Hanafiah disela sidang gugatan praperadilan yang dilayangkan pihaknya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Iya, dia (HRS) didalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) nya, 'akan saya jawab di pengadilan, bukan jawab dari mabes, bukan dari rumah tahanan' gitu," kata Alamsyah kepada wartawan, Rabu (10/3/2021).
 
Dengan begitu kata Alamsyah, Majelis Hakim harus menaati dan menghargai kemauan serta hak dari terdakwa untuk hadir dalam persidangan.

Karena, kata Alamsyah jika tidak bisa dihadirkan dalam persidangan, kliennya tersebut tidak akan mau berbicara memberikan keterangan sepanjang jalannya sidang.

"Kalau zoom dipasang, tapi dia gak mau ngomong, ya dia gak ngomong, karena dia maunya disidang (dihadirkan)," kata Alamsyah menjelaskan.

Diketahui, Habib Rizieq Shihab (HRS) dijadwalkan akan menjalani sidang perdana terkait kasus kerumunan hingga hasil swab test, pada Selasa (16/3/2021) mendatang, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

Berdasarkan keterangan resmi dari Humas PN Jaktim Alex Adam Faisal, Habib Rizieq akan menjalani tiga sidang dalam perkara yang berbeda dalam satu hari yang sama tersebut.

"Selasa, 16 Maret 2021 (sidang perdananya)," kata Alex dalam keterangannya, Rabu (10/3/2021).

Kendati demikian, saat ini Habib Rizieq tengah menjalani masa penahanan di Rutan Bareskrim Polri atas kasus tersebut.

Menanggapi agenda sidang pokok perkara itu, Alamsyah mengatakan, pihaknya sudah memiliki kesiapan untuk mengikuti jalannya sidang.

Namun, dengan catatan kliennya harus dihadirkan di dalam ruang sidang PN Jakarta Timur, karena hal tersebut permintaan HRS di dalam BAP.

"Sangat siap, tapi sidang besok terdakwa harus hadir bukan zoom. Karena masalahnya perintah hakim waktu membuka sidang 'sidang dinyatakan terbuka untuk umum, perkara nomor sekian atas nama terdakwa ini, jaksa hadirkan terdakwa' itu kata KUHP, mungkin ahli bisa dari zoom tapi terdakwa gak bisa," tukasnya.[tribunnews]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close