Protes Sidang Virtual, Habib Rizieq dan Pengacaranya Walk-Out! - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Protes Sidang Virtual, Habib Rizieq dan Pengacaranya Walk-Out!

Screenshot live streaming persidangan Habib Rizieq Shihab 

KONTENISLAM.COM - Habib Rizieq Shihab kembali melontarkan protes karena disidangkan secara virtual dalam perkara terkait tes swab di RS UMMI Bogor. Majelis hakim menyampaikan bila persidangan virtual sudah diatur Peraturan Mahkamah Agung (Perma) mengenai acara peradilan terkait pandemi virus corona (COVID-19).

"Majelis hakim sudah bermusyarawah, apapun keputusan musyawarah ini, baik tidak menyenangkan buat penasihat hukum maupun tim jaksa penuntut umum harus saya sampaikan bahwa hasil musyarawah terkait kendala teknis sidang online ini sudah teratasi jadi lancar, bisa didengar dengan jelas, dan itu majelis bisa abaikan," ujar ketua majelis hakim Khadwanto dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) seperti disiarkan online, Selasa (16/3/2021).
 
"Majelis hakim berpijak pada Perma Nomor 4 Tahun 2020 bahwa persidangan selama pandemi itu dijalankan secara online dan ini sudah berlangsung sejak bulan Juni kalau tidak salah, jadi kita juga tidak bisa mengabaikan fakta itu bahwa sidang online harus dijalankan," imbuhnya.

Namun tim pengacara Habib Rizieq tetap melancarkan protes. Salah satu yang menyampaikan protes yaitu Munarman. Hakim pun tetap pada pendirian.

"Namun demikian, tim penasihat hukum, karena ini sidang masih berjalan kalau memang mau mengajukan perubahan itu silakan diajukan melalui permohonan secara resmi kepada majelis hakim karena majelis hakim tanpa penetapan tidak bisa mengubah jalannya sidang. Jadi sidang online ini ya mau tidak mau harus kita jalankan. Saya mohon kepada penasihat hukum dan jaksa untuk menghormati acara sidang yang telah kita sepakati bersama," ucap hakim Khadwanto.
 
"Kami tidak akan mengikuti sidang online," timpal Munarman.

Munarman lantas mengajak tim pengacara lainnya untuk meninggalkan ruang sidang. Habib Rizieq yang berada di Bareskrim Polri pun ikut walk-out.

"Maaf majelis hakim kalau mau dipaksakan sidang online saya menyatakan diri tidak mengikuti sidang," kata Rizieq. [detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close