Sempat Ditunda, Sidang Kasus Habib Rizieq Hari Ini Tetap Digelar Virtual

FPI Dibubarkan 

KONTENISLAM.COM - Habib Rizieq Shihab akan menjalani sidang yang digelar oleh Pengadilan Negeri (PN) dalam kasus kerumunan dan tes swab hari ini. Habib Rizieq akan dihadirkan secara virtual.

"Jadi besok (hari ini, red) sidang tetap dilakukan virtual secara online. Akan tetapi mengenai kelanjutannya apakah sidang ini dilanjutkan secara online atau offline ya tergantung majelis hakim dan kondisi besok (hari ini)," kata pejabat Humas PN Jaktim, Alex Adam Faisal, kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Alex mengatakan sidang akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Sidang juga bisa disaksikan melalui akun YouTube PN Jaktim.

"Jam 9 insya Allah," kata dia.
 
Alex menyebut sidang dilaksanakan secara virtual untuk mencegah penularan virus Corona. Aturan itu dijelaskan dalam PERMA No 4 Tahun 2020.

"Kalau landasan pengadilan melakukan sidang virtual adalah dasarnya PERMA No 4 tahun 2020 di situ dinyatakan bahwa terhadap masa pandemi ini dan mencegah menularnya wabah ini maka persidangan dapat dilakukan online," jelasnya.
 
Sebelumnya, majelis hakim memutuskan menunda sidang pembacaan dakwaan terhadap Habib Rizieq Shihab pada Selasa (16/3) lalu. Sebab, proses persidangan yang berlangsung virtual menuai protes dari tim kuasa hukum Habib Rizieq.

Awalnya Habib Rizieq melancarkan protes karena tidak dihadirkan langsung ke ruang sidang. Hakim lantas menskors sidang untuk memperbaiki kualitas audio.

Setelah itu, sidang dilanjutkan, tetapi protes masih disampaikan tim pengacara Habib Rizieq. Jaksa sempat ingin membacakan dakwaan lebih dulu. Pengacara Habib Rizieq lagi-lagi memprotes. Hakim pun memutuskan menunda persidangan.

"Sidang ditunda. Habib tetap di dalam tahanan, dan akan dibuka kembali pada Jumat, 19 Maret, jam 09.00," ujar ketua majelis hakim Suparman Nyompa dalam persidangan, Selasa (16/3).[detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close