Seruan SBY ke Kader: Ibarat Peperangan, Perang Ini Dibenarkan

Seruan SBY ke Kader: Ibarat Peperangan, Perang Ini Dibenarkan 

KONTENISLAM.COM - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak seluruh kader untuk berjuang mempertahankan kedaulatan dan kemandirian partai.

Seruan itu disampaikan SBY merespons terpilihnya Moeldoko menjadi Ketua Umum Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Menurut SBY, perjuangan mempertahankan kedaulatan dan kemandirian partai adalah perjuangan yang suci dan mulia.

"Ibarat peperangan, perang yang kita lakukan adalah perang yang dibenarkan. Sebuah war of necessity. Sebuah justice war, perang untuk mendapatkan keadilan," kata SBY dalam konferensi pers, Jumat (5/3).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden ke-enam RI itu menyatakan, percaya bahwa Presiden Joko Widodo memiliki integritas dan kearifan dalam menyikapi peristiwa yang dia sebut sebagai pendongkelan dan perebutan Partai Demokrat.

"Saya juga tetap percaya bahwa negara dan pemerintah akan bertindak adil. Serta akan sepenuhnya menegakkan pranata hukum yang berlaku. Baik itu konstitusi kita. UUD 1945 dan UU parpol maupun AD/ART Partai Demokrat yang secara hukum mengikat," ungkap SBY.

Dalam pernyataan itu SBY turut membeberkan sejumlah hal dalam gelaran KLB Deli Serdang yang menurutnya tak memenuhi syarat dan ketentuan AD/ART Partai Demokrat. Karena itu dia pun menganggap KLB tersebut tidak sah dan ilegal.

Sebelumnya Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar di Hotel The Hill Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3).

Penetapan Moeldoko menjadi ketua umum partai berlambang mercy itu merupakan buntut dari kisruh kudeta yang pada Februari lalu berembus ke publik. Isu itu mengemuka usai Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan keterangan pers.

Dalam penetapannya, Moeldoko yang tak hadir di KLB itu, ditelepon oleh pimpinan persidangan untuk memastikan kesiapan memimpin Partai hasil KLB tersebut. Lewat sambungan telepon, mantan Panglima TNI itu pun lantas menyatakan menerima jabatan itu.

Forum KLB Deli Serdang juga menyatakan Agus Harimurti Yudhoyono demisioner dari jabatan ketua umum.

KLB Deli Serdang diinisiasi sejumlah kader yang telah dipecat Partai Demokrat. Mereka ingin melengserkan AHY dari ketua umum partai.

Mereka yang dipecat antara lain Jhoni Allen Marbun, Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto dan Syofwatillah Mohzaib, Marzuki Alie serta Ahmad Yahya. Dalam forum KLB, Jhoni Allen Marbun yang menjadi pimpinan, mencabut surat pemecatan itu.

Adapun Agus Harimurti Yudhoyono menyatakan bakal mengambil langkah hukum. Dia akan melaporkan para pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan KLB di Sumatera Utara. [cnnindonesia]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close