Singgung 3 Periode, Manuver Amien Rais Tepis Image Dekati Jokowi - Konten Islam -->

Singgung 3 Periode, Manuver Amien Rais Tepis Image Dekati Jokowi

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. 

KONTENISLAM.COM -  Amien Rais kembali mengkritik pemerintah mulai dari keberadaan mafia di Indonesia hingga kabar masa jabatan presiden 3 periode. Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai Amien Rais menepis anggapan dirinya merapat ke Istana.

Pasalnya beberapa hari sebelumnya, Amien Rais bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka membahas tentang kematian 6 laskar FPI.

"Pak Amien Rais menepis adanya image bahwa dia sudah merapat ke istana dan caranya adalah dengan mengeluarkan (video) YouTube pernyataan soal kemungkinan Jokowi 3 periode," terang Qodari kepada wartawan, Senin (15/3/2021).

"Amien Rais sedang bermanuver dan menunjukkan kepada konstituennya yang beliau targetkan yaitu yang oposisi kepada Jokowi bahwa dia tetap pada posisi oposisi dan tidak merapat ke istana secara politik," lanjutnya.

Selain itu, Qodari juga menyinggung pernyataan Amien Rais soal kabar 3 periode. Menurutnya, amandemen mengenai masa jabatan 3 periode itu diatur dalam UUD 1945.

Namun, melaksanakan amandemen tersebut, kata Qodari, mesti memenuhi persyaratan tertentu. Salah satunya adanya dukungan politik.

Qodari menyebut Amien Rais ingin mengerem kemungkinan masa jabatan presiden 3 periode bisa terjadi.

"Mungkin Pak Amien Rais dengan pernyataan tersebut ingin katakanlah mengerem kemungkinan hal tersebut bisa terjadi, akan tetapi semua tergantung dari pemikiran-pemikiran yang berkembang di amandemen. Undang-undang kebijakan publik itu sesuatu yang merupakan manifestasi dari situasi dan kondisi pemikiran juga keputusan terutama dari para pelaku sejarah," terang Qodari.

"Kalau bicara amandemen republik ini orang yang paling berpengalaman dan bertanggung jawab terhadap amandemen adalah pak Amien Rais karena Pak Amien Rais dalam kapasitas sebagai anggota DPR memiliki hak untuk dihitung suaranya dalam amandemen dan beliau ketua MPR," lanjutnya.

Diketahui, kritik itu disampaikan Amien Rais melalui YouTube Channel Amien Rais Official yang diunggah pukul 20.00 WIB, Sabtu (13/3/2021). Dalam kesempatan itu, Amien menyebut banyak mafia berada di Indonesia.

"Saudara sekalian, saya pernah mengatakan bahwa Republik Indonesia hakikatnya sudah menjadi, maaf ini, republik mafia Indonesia. Hampir segala bidang kehidupan bangsa sudah dicengkeram oleh mafioso itu. Ada mafia beras, mafia daging, mafia gula, mafia pupuk, mafia terigu, mafia cabe, mafia bawang, mafia minyak, mafia obat-obatan, mafia gas, mafia pajak. Bahkan mafia olahraga, mafia skor. Nah bahkan yang paling berat dan berbahaya adalah mafia hukum," kata Amien Rais.

Di sesi berikutnya, Amien kemudian menyebut setelah lembaga negara itu bisa dikuasai, Jokowi akan meminta kepada MPR untuk menggelar sidang istimewa. Salah satu agenda sidang istimewa itu untuk memasukan pasal masa jabatan presiden hingga tiga periode.
 
"Jadi sekarang ada semacam publik opini, yang mula-mula samar-samar tapi sekarang makin jelas ke arah mana rezim Jokowi. Jadi mereka akan mengambil langkah pertama meminta sidang istimewa MPR, yang mungkin satu, dua pasal yang katanya perlu diperbaiki yang mana saya juga tidak tahu, tapi kemudian nanti akan ditawarkan baru yang kemudian memberikan hak presidennya itu bisa dipilih tiga kali, nah kalau ini betul-betul keinginan mereka, maka saya kira kita bisa segera mengatakan ya innalillahi wa inna ilaihi rajiun," ucapnya. [detik]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close